banner 468x60

Soal UN Dikerjakan Joki Profesional

440 views
iklan

Bocoran Soal UN 2013Penakita | SURABAYA – Bagaimana tim sukses UN mendapatkan kunci jawabab tersebut? Ketika pertanyaan ini dilontarkan, narasumber PENAKITA.com lagi-lagi memberikan pengakuan yang mengejutkan.

Kunci jawaban 20 paket soal itu bukan berasal dari tim sukses UN di sekolahnya. Bila Tim sukses UN atau guru-guru sekolah yang bersangkutan harus mencuri soal ketika pengambilan soal UN di polsek, lalu memfotokopi, dan mengerjakannya, menurut Mawar itu terlalu beresiko dan memakan waktu cukup lama.

“Soal-soal itu sudah ada yang mengerjakan. Kami menyewa joki,” cetus Mawar (sebut saja demikian), salah seorang guru dari sebuah sekolah di Surabaya yang membeber praktik pembocoran soal dan jawaban ujian nasional (UN) di tingkat SMA/MA/SMK yang digelar sepekan silam.

Menurut Mawar, di Surabaya ada joki terkenal dan profesional langganan sekolah-sekolah. “Di Sidoarjo juga ada joki terkenal. Tapi kalau sekolah-sekolah elit nggak pakai joki seperti mereka. Sekolah-sekolah elit itu pakai jasa joki dari perusahaan tertentu. Saya juga baru tahu kok kalau ada perusahaan yang khusus melayani jasa perjokian,” ungkapnya sembari terkekeh.

Jawaban dari joki inilah yang kemudian menyebar ke tim-tim sukses UN di sejumlah sekolah. Jawaban soal UN itu beredar melalui ‘serangan fajar’ dan ‘salam tempel’. Maksudnya, penyebaran kunci 20 paket soal dan jawaban itu dilakukan pada pagi hari, sebelum pelaksanaan UN dimulai. Hal itu dilakukan oknum guru, tim sukses UN, kepada seluruh siswa, melalui sistem ‘salam tempel’.

“Ya memang ribet, karena sekarang kan soalnya 20 paket. Tapi siswa juga nggak bodoh-bodoh amat. Mau nggak mau mereka tetap harus milih dan mencocokkan dengan soal UN-nya. Kan bisa dilihat kunci nomor 1-5 dulu, dicocokkan jawaban itu dengan soal kok sama, ya berarti itu kuncinya,” tukas Mawar. ika

author