banner 468x60

Soal UN SMA Juga Bocor di Kediri

371 views
iklan

ujianPenakita | KEDIRI – Kunci jawaban ujian nasional (UN) di tingkat SMA/SMK/MA ternyata tak cuma beredar di Surabaya dan Sidoarjo. Bocoran soal UN ini juga diduga ada di Kota Kediri.

Informasi yang diperoleh PENAKITA.com menyebutkan  kunci jawaban UN dari sejumlah sekolah penyelenggara ini ditemukan oleh anggota DPRD Kota Kediri. “Temuan kami di setiap sekolah ada koordinator dan penanggungjawabnya,” kata Yudhi Ayub Chan, anggota DPRD Kota Kediri.

Yudhi mensinyalir, bocoran UN dilakukan jaringan secara masif dan terstruktur. Ditambahkannya, peredaran kunci jawaban tersebut menggunakan modus yang bervariatif. Dan harga satu paket kunci jawaban dibandrol Rp 120.000-150.000 per-siswa.

“Masing masing sekolah berbeda kunci jawabannya. Ada yang berbentuk lajur dari atas ke bawah. Ada yang berbentuk kolom menyamping. Ini menandakan paket kunci masing-masing sekolah yang berbeda,” ungkap politisi Partai Demokrat ini.

Anggota Komisi C DPRD Kota Kediri ini juga menemukan siswa yang memiliki peran sebagai pengepul yang menyodorkan kunci jawaban itu ke sesama temannya. Sebelumnya, Dewan Pendidikan Kota Kediri sempat menemukan bocoran kunci UN di salah satu SMA negeri. Namun, setelah dicocokan ternyata jawabannya tidak tepat.

Tahun ini UN SMA/MA dan SMK diikuti 9.606 siswa. Rinciannya, SMA dan MA sebanyak 4.645 peserta, dan SMK 4.971 siswa. ari

author