banner 468x60

Sofi Baru Nonton TV Setelah Pukul 9 Malam

343 views
iklan

Sofia Qurrotha Ayuni_0936Penakita | MALANG – Seberapa istimewakah Shofiya Qurrototu A’yunin sehingga bisa memperoleh nilai ujian nasional (UN) nyaris sempurna? Dari pengakuannya, bungsu dari empat bersaudara ini ternyata tak pernah belajar secara berlebihan saat menjelang UN.

“Belajar saya menjelang UN sama seperti hari-hari biasanya. Saya nggak terlalu ngoyo kok,” cetus siswi MTsN 1 Malang ini.

Karena itu, gadis yang akrab disapa Sofi ini mengaku sempat tak percaya waktu diberitahu temannya yang membaca berita di internet, Jumat (30/5/2013) malam, bahwa dia lulus dengan nilai terbaik se-Jawa Timur. Nilai total yang diperoleh Sofi adalah 39,40, dan rata-rata 9,85. “Tapi setelah dapat kabat juga dari sekolah akhirnya saya baru percaya. Saat itu juga saya langsung sujud syukur,” papar .

Dengan nada merendah putri pasangan Asmaul Sahlan-Siti Nur Jamilah ini menambahkan,”Ini semua berkat dukungan para guru, dan tentu doa orangtua yang tiada putus selama ini pada saya.”

Menurut Sofi, dia paling suka pelajaran bahasa Inggris. Tak heran bila nilai UN untuk pelajaran tersebut mendapat 9,8. Namun, di mata pelajaran lain tak kalah hebatnya. Nilai bahasa Indonesia misalnya dapat 9,6. bahkan untuk mata uji Matematika dan IPA sama-sama mendapat 10!

“Padahal saat tryout saya hanya dapat nilai 6 untuk dua mata pelajaran itu,” cetus Sofi yang ternyata sudah diterima di MAN 3 Malang.

Terpisah, Asmaul Sahlan pun menyatakan tak ada yang luar biasa dari kebiasaan belajar sang anak. Namun, dia mengaku memberlakukan pembatasan nonton TV sangat ketat.

“Setelah pukul 9 malam, baru boleh nyalakan tv. Itupun tak lama karena biasanya Sofi langsung tidur,” kata Asmaul Sahlan sambil menambahkan, kegiatan yang juga rutin dilakukan bersama adalah shalat dan mengaji. sum

author