banner 468x60

Studi di Prancis Hanya Rp 2,2 Juta

422 views
iklan

prancisPenakita | SURABAYA – Inilah kesempatan belajar di Prancis dengan beaya relatif murah. Pemerintah Prancis memberi kesempatan bagi pelajar yang ini menempuh pendidikan dengan beaya hanya sekitar Rp 2,2 juta perbulan.

Beaya pendidikan ini bisa terjangkau karena disubsidi oleh pemerintah Prancis. “Yang perlu diperhitungkan adalah biaya hidup di sana (Prancis). Sedangkan untuk beasiswa secara global, banyak bagi mahasiswa dari berbagai universitas,” Siska Martina, Penanggung Jawab Campus France Surabaya di acara launching Podjok Perancis di Universitas Narotama Surabaya, Senin (11/3/2013).

Dalam kesempatan itu juga dilakukan kerjasama antara Universitas Narotama dengan IFI dan Campus France ini. Noratama merupakan satu-satunya kampus swasta di Surabaya yang pertama mempunyai Podjok Perancis.

Menurut Ani Wulandari, kepala International Relation Office universitas Narotama, kerja sama ini adalah langkah awal mahasiswa untuk bisa meraih mimpi, sedangkan dari Universitas Narotama membantu menjembatani.

“Apalagi dengan adanya subsidi dari pemerintah Prancis, biaya pendidikan S2/S3 di Prancis selama setahun termasuk ringan,” tutur Ani.

Kursus bahasa Prancis di IFI sendiri, ada sampai dengan level 6. Namun, untuk bisa pergi ke Prancis pihak pendidikan di sana hanya meminta level B2. Itu pun bersifat ijazah, sehingga nantinya berlaku seumur hidup.

Kemudahan yang ditawarkan tersebut yang membuat antusiasme mahasiswa sangat besar. “Sebelum diadakan ini, kami memberikan angket pada 1500 Mahasiswa, dan 90 persen dari mereka sangat tertarik. Mereka mendukung, dan ikut bangga bahwa kampusnya dapat Go International,” ujar Ani.

Launching Podjok Perancis diresmikan Rektor Universitas Narotama Hj Rr Iswachyu Dhaniarti ST bersama Direktur IFI (Institut Francois Indonesia) Surabaya Mr Mathieu Dumesnil. dde

author