banner 468x60

Sulung Landung: Jadi Manager Artis Adalah Impian

427 views
iklan

bedah buku1Penakita | SURABAYA – Sosok Sulung Landung sebagai manager artis profesional, menjadi inspirasi bagi ratusan mahasiswa jurusan Ekonomi Universitas Surabaya (Ubaya). Kepiawaiannya ‘memasarkan’ artis-artis muda berbakat telah diakui sukses oleh banyak pihak.

Dalam acara bedah buku Jalan Panjang Lahirkan Bintang, karyanya itu, ia mengaku, pekerjaan ini adalah impiannya sejak dulu. Ia telah memperkirakan, bahwa profesi sebagai manager artis memiliki prospek masa depan yang bagus dan menjanjikan.

“Meski menjanjikan, profesi ini juga banyak hambatannya. Karena tidak ada arahan dari siapapun, tidak ada sekolah, atau tempat kursusnya. Dari buku ini saya ingin membagikan pengalaman dan ilmu-ilmu tersebut,” tutur Sulung.

Lebih jauh Sulung melanjutkan, tanggung jawab seorang manager artis sangatlah besar. Sebab, harus memastikan agar seorang artis berhasil di pasar industri hiburan. “Kuncinya adalah kerja keras, disiplin, dan tekun. Kalau tidak seperti itu, kita tidak dipercaya,” tukas Sulung.

Hal senada diungkapkan Ben Joshua. Pemain FTV ini sangat mengapresiasi kinerja seorang manager. Ia bahkan mengaku banyak belajar dari sang manager, Sulung Landung.

“Kalau tidak ada manager seperti mas Sulung, saya mungkin tidak akan sukses seperti ini,” tandas pria yang akrab disapa Ben ini.

Menurut Ben, bagi para manager artis pemula, ada baiknya membaca dan meresapi ilmu dalam buku Jalan Panjang Lahirkan Bintang tersebut. “Dari A-Z diulas dalam buku ini, jadi bagi pemula atau bagi mahasiswa yang tertarik jadi manager artis, tidak boleh ketinggalan baca buku ini,” ujar Ben. ika

author