banner 468x60

Susah Mengingat Nama? Ini Penyebabnya

5 views
iklan

brain-food-2Penakita | SURABAYA – Sering lupa nama seseorang? Bisa jadi Anda tak sendiri. Karena menurut penelitian hal tersebut sering terjadi pada banyak orang. Apakah hal ini berbahaya, atau salah satu dari kerusakan otak? Berikut ulasan selengkapnya.

Menurut pakar saraf di University of Sussex, hal tersebut umumnya sangat manusiawi. Dan jika dihubungkan dengan kesehatan otak, hal tersebut tidak mengartikan apa-apa. Hanya saja, hal tersebut umumnya sering muncul karena kondisi otak manusia yang kelebihan muatan.

Hal ini yang pada akhirnya membuat kita lupa hal yang sangat mudah dalam waktu tertentu, hingga pada akhirnya ingat kembali. Pada dasarnya, saat mengingat, proses yang terjadi di otak kadang berjalan tidak selalu mulus. Karena terdapat beberapa gangguan yang sering menjadi rintangan dalam proses ini.

Menurut ahli dr Ildiko Kemenes, para peneliti sudah lama takjub dengan fenomena ‘penyimpangan’ ingatan ini. Namun dengan memahami bahwa pembentukan ingatan membutuhkan energi, mungkin hal ini juga dapat dipahami.

“Otak mungkin perlu untuk memutuskan, perlukah menggunakan energi yang lebih besar untuk membentuk ingatan khusus. Otak memiliki kapasitas terbatas dalam mempelajari sesuatu sehingga menahan pembentukan ingatan dapat menjadi cara untuk menghindari kelebihan muatan,” tandasnya.

Untuk mengungkap hal ini, Kemenes melakukan percobaan dengan menggunakan siput. Ketika siput diberi makan lagi setelah tiga puluh menit, ternyata siput belum dapat mengingat zat tersebut. Begitu pula setelah dua jam. Baru setelah empat jam, siput mulai untuk mengenali zat tersebut sebagai makanan.

Maka saat itulah, para peneliti menyimpulkan ingatan sudah terbentuk. Gangguan selama periode itu, yaitu dengan memberikan siput stimulus lainnya, akan menghambat pembentukan ingatan. adi

author