banner 468x60

Tahun 2014, Sistem Akreditasi PT Lebih Mudah dan Singkat

458 views
iklan
Ketua LAM Indonesia, Dr M Budi Djatmiko MSi

Ketua LAM Indonesia, Dr M Budi Djatmiko MSi

Penakita | SURABAYA – Kabar baik bagi ribuan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, terutama di Jawa Timur. Pasalnya, sistem akreditasi nasional (SAN) pada 2014 mendatang konon lebih mudah dan lebih singkat.

Kabar ini mencuat seiring berdirinya Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), dan perubahan SAN pada 2014 mendatang. Ketua LAM Indonesia, Dr M Budi Djatmiko MSi mengatakan, peran LAM dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) akan saling bersinergi.

“Tugas dan peran BAN PT nanti mengakreditasi institusinya. Sementara tugas dan peran LAM adalah mengakreditasi program studi (Prodi, Red),” tutur Budi Djatmiko, kepada PENAKITA.com, Rabu (20/3/2013).

Lebih jauh Budi melanjutkan, selama ini proses akreditasi institusi kampus dan prodinya berlangsung lamban. Sebab, akreditasi terpusat pada peran BAN PT. Sementara BAN PT sendiri memiliki keterbatasan tenaga asesor dan anggaran akreditasi.

Dengan bantuan LAM ini proses akreditasi dijamin bakal lebih mudah, dan lebih singkat. Proses akreditasi tidak berlangsung selama berbulan-bulan seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi hanya beberapa minggu saja.

Singkatnya waktu akreditasi itu lantaran menggunakan sistem online. Selain itu, visitasi dan penilaian dilakukan juga berdasarkan kesiapan dari pihak PT yang bersangkutan.

“Jadi nanti ada ‘desk evaluation’ dulu. Pihak PT tidak perlu lagi mengirimkan borang atau berkas-berkas akreditasi yang tebal-tebal itu ke pusat. Cukup mengirimnya via online kepada kami. Setelah itu kami tindak lanjuti. Jika masih ada kekurangan, asesor kami akan membantu membina PT tersebut. Bila mereka merasa sudah siap, baru kami melakukan visitasi dan akreditasi secara menyeluruh,” tandas Budi. ika

author