banner 468x60

Tak Ada Kursi Cadangan di Unair

507 views
iklan

Universitas-AirlanggaPenakita | SURABAYA – Universitas Airlangga (Unair) tetap akan menyeleksi calon siswa yang mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), meski siswa tersebut menempatkan Unair pada pilihan kedua. Pihak Unair tetap mengacu pada nilai calon siswa, sehingga ketika di proses seleksi tahap pertama belum dapat nilai yang sesuai, perguruan tinggi tertua di Surabaya ini terus mencari pada peserta yang memilih Unair sebagai pilihan kedua.

“Dasar kami tetap pada nilai, bukan kuota. Dan karena ini seleksi nasional, legitimasi hasilnya ditentukan panitia pusat,” demikan ditegaskan Bagus Ani Putra, Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair.

Ditambahkan Bagus, jumlah pendaftar yang memilih unair lewat jalur SNMPTN ada 32.037 siswa. Dari jumlah itu 16.066 peserta menetapkan Unair jadi pilihan pertama, dan hanya 6.985 peserta menempatkan Unair sebagai pilihan kedua. Puluhan ribu siswa itu akan memperebutkan 2.532 kursi di Unair.

Disinggung soal data peserta yang sudah terpilih, Bagus memastikan pihaknya tidak akan melakukan verifikasi. “Kami percaya sepenuhnya data yang diunggah di online. Jadi jumlah yang lolos inilah yang menjadi mahasiswa unair,” cetusnya sambil menambahkan, Verifikasi hanya dilakukan terkait kelulusan dengan mengecek surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN).

Mengenai kemungkinan pemalsuan data yang diunggah di online, Bagus juga memastikan, bila pemalsuan terungkap, otomatis peserta gugur. Dan Unair akan membiarkan kuota yang lowong yang otomatis tidak ada kursi cadangan (waiting list). ari

author