banner 468x60

Bea Kuliah di Jalur Mandiri UB Termurah Rp 15 Juta

342 views
iklan

Universitas BrawijayaPenakita | MALANG – Bagi siswa yang gagal masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), siap-siaplah mengeluarkan biaya besar jika ingin tetap masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di jalur mandiri.

Pasalnya, berbeda dengan SNMPTN maupun SBMPTN, di jalur mandiri PTN ini tidak diberlakukan uang kuliah tunggal (UKT). Banyak beaya yang bakal disodorkan PTN bagi calon mahasiswa di jalur mandiri.

Di Universitas Brawijaya (UB) misalnya. Sebagaimana tertera di website PTN tersebut, selma.ub.ac.id, beaya termurah masuk UB jalur mandiri atau yang diberi nama Seleksi Penerimaan Minat dan Kemampuan (SPMK), ada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yaitu sebesar Rp 15.625.000, sedang termahal di Fakultas Kedokteran Rp 232.500.000.

Menurut Dra Susantinah Rahayu, Kepala Humas UB, untuk jalur SPMK besaran dana yang diberlakukan bagi calon mahasiswa baru sepenuhnya merupakan hak internal kampus. “Sudah ada payung hukumnya kalau pembeayaan jalur mandiri itu hak prerogatif kampus,” ucap perempuan yang akrab disapa Santi ini.

Ditambahkan Santi, calon mahasiswa UB jalur SPMK akan dikenai tiga beaya, yaitu Sumbangan Pengembangan Fasilitas Pendidikan (SPFP), Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), dan biaya lain-lain. Untuk SPFP dan SPP jalur SPMK ini dibagi dalam tiga kategori, sedang beaya lainnya seragam yakni sebesar Rp 2.485.000.

“Untuk SPFP dan SPP berbeda-beda tiap program studi (prodi),” ujar perempuan yang akrab disapa Santi ini.

Santi mencontohkan, untuk SPFP prodi Pendidikan Kedokteran jalur SPMK kategori 3 Rp 232.500.000 dan SPP Rp 4.500.000. “Kalau prodi manajemen, SPFP kategori 3 sebesar Rp 51.600.000 dan SPP Rp 4.950.000,” paparnya.

Santi menuturkan karena ada kategori-kategori, baik SPFP dan SPP ini bentuknya tetap proporsional. Dan jumlahnya pun tidak berbeda dengan biaya tahun lalu. “Tidak ada perbedaan biaya antara tahun ini dengan tahun lalu,” ujarnya.

Jalur SPMK UB sudah dibuka sejak 17 Juni dan ditutup 15 Juli 2013. Namun pada pelaksanaan jalur SPMK UB 2013 ini calon mahasiswa bisa memilih empat pilihan prodi berbeda. Dua prodi pilihan di kampus utama Jalan Veteran, satu prodi di Kampus UB Kediri, dan satu prodi vokasi (D3).

“Kami memberikan banyak opsi agar kemungkinan masuk UB semakin besar,” pungkasnya.

author