banner 468x60

Tari Papua Turut Meriahkan Surabaya Nihon Matsuri, Penari Chandik Ayu Ini Curi Perhatian Pengunjung

iklan
Surabaya Nihon Matsuri juga menyajikan seni tradisional Indonesia. Festival budaya Jepang ini berlangsung dua hari, Sabtu-Minggu (9-10/3/2019).

Penakita.com | SURABAYA – Surabaya Nihon Matsuri kembali digelar. Kali ini festival budaya Jepang tersebut digelar di Atrium Food Society Pakuwon Mall lantai 2 selama dua hari Sabtu-Minggu (9-10/3/2019).

Beragam budaya Nusantara mewarnai suasana panggung utama. Dan yang menarik perhatian pengunjung adalah aksi para penari Papua saat memamerkan kemampuan membawakan tarian Yosakoi.

Yang tampil lengkap dengan kostum adat Papua berupa hiasan kepala dari bulu sintetis ini memang bukan asli orang Papua. Mereka adalah kelompok tari anak binaan Chandik Ayu, pemenang Festival Yosakoi 2018.

Aksi belasan anak-anak yang gemulai menari Yosakoi sambil memegang aksesoris Naruko ini mencuri perhatian pengunjung yang sebagian besar adalah orang Jepang.

Ketika musik Yosakoi mulai mengalun, para penari anak itu memenuhi area bawah panggung. Ketika mereka menari dan mulai gerakan yang semakin energik para pengunjung semakin kagum, terutama bagi orang Jepang

Melihat tarian tradisional asal Kochi tersebut ditarikan oleh orang Indonesia dengan pakaian adat Indonesia tentu menjadi sesuatu yang sangat menarik.

Surabaya Nihon Matsuri diawali penampilan tradisional Jepang ‘Soran’ yang ditarikan oleh 12 siswa-siswi Sekolah Jepang Surabaya (SJS).

Masaki Tani, Konsul Jenderal Jepang di Surabaya dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan Surabaya Nihon Matsuri.

“Setelah merayakan Peringatan 60 tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia pada tahun lalu, saya harap tahun ini di dekade awal baru, melalui acara Surabaya Nihon Matsuri pertukaran antara orang Jepang dan orang Indonesia dapat lebih intim dan ikatan kedua negara pun semakin kokoh,” paparnya.

Selain acara utama yang diadakan di Pakuwon Mall Surabaya, Surabaya Nihon Matsuri juga menyelenggarakan konser alat musik tradisional oleh AUN J di Untag dan ITS pada tanggal 4 Maret lalu. Ada pula acara pemutaran film Jepang yang dilaksanakan di Untag dan C2O pada Kamis (14/3) dan Jumat (15/3) mendatang. sum

author