banner 468x60

Tari Saman Juara International Youth Festival

504 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | JAKARTA – Prestasi membanggakan diraih oleh sejumlah mahasiswa Indonesia di kancah internasional. Salah satunya melalui warisan seni dan budaya yang mendapatkan pengakuan dan apresiasi dunia.

Lewat Tari Saman, mahasiwa Indonesia berhasil merebut juara pertama pada even budaya pada Festival Pemuda Dunia atau International Youth Festival 2012-2013 di Pune, India. Mereka berhasil menyisihkan pesaing dari 25 negara peserta.

Konsul Jenderal RI Mumbai, India, Indra Kesuma Oesman, melalui siaran persnya, yang disampaikan melalui Kemendikbud, Sabtu (16/2),  mengatakan, ajang tahunan ini diselenggarakan oleh Universitas Pune. Pelaksanaannya mendapatkan sambutan luar biasa dari 1.000 tamu undangan dan masyarakat luas.

“Kegiatan melombakan kesenian dan kebudayaan dari mahasiswa asing yang kuliah di 40 perguruan tinggi dan politeknik afiliasi,” katanya.

Pada festival tersebut, mahasiswa Indonesia juga menyajikan kuliner Indonesia seperti risoles, bakwan, es buah, lapis legit, dan godok pisang. Saat ini tercatat 15 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Universitas Pune dan afiliasinya seperti Spicer Memorial College dan Symbiosis International University.

Universitas Pune merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di India yang berdiri sejak tahun 1948 dan memiliki 170.000 mahasiswa lokal serta mahasiswa asing dari 104 negara.

author