banner 468x60

Teknologi ‘Minority Report’ Sudah Bisa Dipesan

436 views
iklan

minority-report-uiPenakita | SURABAYA – Navigasi dengan sesor gerak untuk kebutuhan game dan televisi pintar bisa jadi sudah bukan hal baru lagi bagi kita. Lalu bagaimana dengan komputer? Teknologi ini ternyata siap dirilis di pasaran dan mulai bisa dipesan pada bulan Mei mendatang.

Perangkat ini bernama Leap Motion. Sistem kerjanya sama dengan kinect yang kita kenal di XBOX 360, namun penggunaannya di komputer ditujukan untuk mengganti fungsi tetikus (Mouse) pada umumnya. Perangkat ini nantinya disebut-sebut menjadi metode navigasi komputer seperti dalam film Minority Report oleh Tom Cruz.

Menurut pengembang teknologi Leap Motion, perangkat generasi pertama ini rencananya mulai bisa dipesan sejak 13 Mei 2013, dan akhir bulan tersebut perangkat ini sudah mulai sampai dari rumah ke rumah.

Perangkat ini diumumkan tahun lalu. Menggunakan demo permainan kubik, perangkat ini bisa digunakan hanya dengan gerakan tangan. Beberapa perintah juga bisa dilakukan menggantikan tetikus. Seperti gerakan tangan menggenggem, telapak terbuka dan menggunakan perintah dua genggam tangan untuk membuka opsi pilihan.

Perangkat tambahan ini bisa digunakan di multi device, dari laptop sampai komputer dengan operasi system Windows 7 dan 8 dan Mac OSX 10.7 dan 10.8. Perusahaan mengklaim bahwa Leap Motion, memiliki kemampuan membaca 290 frame per detik. Ini berarti kemampuan alat ini 200 kali lebih sensitif dari kontrol gerak Kinect, Microsoft untuk Xbox 360.

“Kami mengambil waktu yang dibutuhkan untuk memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa dari aplikasi eksplorasi kekuatan baru ‘sihir gerak’ komputasi,” kata CEO dan co-founder Leap Motion Michael Buckwald. adi

author