banner 468x60

Tekun dan Teliti Antarkan Hendra Raih UN Tertinggi se-Jatim

434 views
iklan

sd sdarjoPenakita | SIDOARJO – Belajar tekun dan teliti saat mengerjakan soal, adalah kunci sukses Hendra Setiawan (12) untuk meraih nilai ujian (UN) Tertinggi se-Jawa Timur. Murid SDN Candi Sidoarjo ini juga mengaku dukungan orangtua dan guru-guru di sekolah membuat dirinya berhasil meraih total nilai UN 29,80.

Hendra tak pernah menunda tugas-tugas sekolahnya. Sejak SD dia selalu menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) begitu sampai di rumah. Setelah selesai menuntaskan PR, anak pertama pasangan Sobirin (33)-Kusila (32) biasanya istirahat hingga pukul 16.00 untuk kemudian mengaji di musala desa setempat.

Kegiatan belajar di malam hari dijalani usai Salat Magrib sampai pukul 21.00 WIB. Ketatnya jadwal belajar ini membuat Hendra praktis tak pernah menonton TV. “Kalau libur baru bisa lihat TV,” ujar Hendra yang tinggal di RT 4 Desa Candi Kecamatan Sidoarjo.

Hendra mengaku tak menyangka dapat nilai bagus. Pasalnya saat mengerjakan soal UN dia merasa kesulitan, terutama pada mata ujian Matematika. “Isi soal banyak angka-angka dan rumus. Tapi, semua saya coba jawab semampu saya,” ungkap Hendra.

Menurut Hendra, saat menghadapi soal UN, dia selalu membaca berulang kali naskah yang ada di hadapannya. Ketika sudah selesai mengerjaan soal dan masih ada waktu, dia teliti kembali semua jawabannya sebelum akhirnya dikumpulkan. “Khawatirnya ada yang salah jadi saya baca ulang lagi jawaban saya. Memang harus teliti saat mengerjakan soal,” papar Hendra yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di SMPN 3 Candi yang dekat rumahnya.

Selama duduk di bangku SD, Hendra yang doyan makan ceker ayam dan ikan mujahir ini mengaku belum pernah memperoleh predikat ranking I. “Saya kelas V dan VI hanya di ranking V. Alhamdulillah kalau sekarang UN saya tertinggi se-Jatim,” tuturnya gembira. sum

author