banner 468x60

Thailand Siapkan Penghargaan Bagi Guru Berprestasi

474 views
iklan

SEAMEOPenakita | HANOI – Pemerintah Thailand menyiapkan penghargaan bagi guru-guru berprestasi di 11 negara anggota Dewan Menteri-menteri Pendidikan di Asia Tenggara (SEAMEO). Penghargaan itu adalah Maha Chakri Award, yang diambil dari nama putri Raja Thailand, yang akan diserahkan bersamaan dengan perayaan 50 tahun SEAMEO tahun 2015.

Saat ini Kementerian Pendidikan Thailand sedang menyiapkan kriteria bagi penerima penghargaan itu. Nantinya, selain piagam tiap pemenang akan menerima uang hampir Rp 100 juta (10.000 dollar AS).

Menurut Phongthep Thepkanjana, Menteri Pendidikan Thailand, setiap negara anggota SEAMEO hanya akan mengajukan satu guru yang dinilai layak menerima penghargaan itu. Ke-11 negara itu, Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, Singapura, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

“Kami hanya menerima nama guru yang diajukan tiap-tiap negara,” kata Phongthep yang juga Deputi Perdana Menteri Thailand. Kriteria guru yang dimaksud serta aktivitasnya akan dikirimkan ke-11 kementerian pendidikan dalam waktu dekat, seperti dilaporkan wartawan Kompas Gesit Ariyanto dari Hanoi, Vietnam.

Putri Maha Chakri Sirindhorn merupakan salah satu dari empat anak Raja Thailand. Ia memiliki perhatian khusus dalam dunia pendidikan dan mengajar di sejumlah lembaga, di antaranya perguruan tinggi kemiliteran di Thailand. dde/kps

author