banner 468x60

Tidak Ada Tes untuk Masuk Sekolah Kawasan SD

456 views
iklan

PPDB sbyaPenakita | SURABAYA – Keberadaan sekolah kawasan dipastikan makin lengkap dan beragam. Setelah SMP dan SMA, kini Dinas Pendidikan Surabaya memastikan keberadaan sekolah kawasan SD.

Seperti SMP dan SMA Kawasan, SD Kawasan juga terbagi di lima wilayah. Di wilayah utara ada SDN Perak Barat dan SDN Tambak Dukuh, di selatan (SDN Menanggal 601), di timur (SDN Medokan Ayu 2), barat (SDN Krembangan, SDN Petemon Kawasan, dan SDN Manukan Kulon), dan di pusat ada SDN Ketabang, SDN Kertajaya, SDN Barata Jaya, dan SDN Kaliasin.

Bedanya, Penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD kawasan tidak menggunakan tes dalam bentuk apapun.  “Penilaian SD kawasan hanya didasarkan pada usia, jarak sekolah, dan waktu saat mendaftar,” kata Eko Prasetyaningsih, Kabid Pendidikan Dasar Menengah Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya.

Informasi yang diperoleh PENAKITA.com menyebutkan, SD kawasan Surabaya sebetulnya sudah ada sejak tahun 2007. Dasar pembentukan SD kawasan ini karena saat PPDB wali murid selalu menyerbu ke beberapa sekolah di pusat kota.

Akibatnya, sekolah yang dituju selalu tak bisa menampung banyaknya pendaftar. Dari fenomena itu Dindik Surabaya mendirikan SD kawasan hingga kini jumlahnya mencapai puluhan lebih yang tersebar di wilayah Surabaya pusat, Selatan, Utara, Timur, dan Barat.

Ditambahkan Eko, pembagian sistem poin calon peserta berbeda-beda. Rentang usianya antara lima hingga tujuh tahun ke atas. “Artinya, jika usia lima tahun mendapat poin terkecil sedangkan usia tujuh tahun dapat poin terbesar,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Eko, poin kedekatan tempat tinggal juga berbeda-beda. “Semakin dekat rumah calon siswa tersebut, akan semakin besar poinnya sehingga dapat diterima SDN itu,” papanya.

Pendaftaran SD kawasan sama dengan PPDB SDN se Surabaya, yaitu dimulai pada 24-29 Juni 2013. “Orangtua atau calon wali murid bisa datang langsung ke sekolah yang dituju atau datang ke kelurahan terdekat untuk mendaftar,” bebernya. ari

author