banner 468x60

Tiga Jurusan di Unesa Sepi Peminat

254 views
iklan

unesaPenakita | SURABAYA – Beda lembaga pendidikan beda pula kebijakan yang diterapkan. Bila Universitas Airlangga (Unair) membiarkan kuota yang kosong tanpa pengganti, di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masih memungkinkan mengisi kuota lowong dari verifikasi SNMPTN dengan siswa yang masuk melalui jalur kemitraan dan mandiri.

Penggeseran itu juga berlaku untuk jurusan yang belum memenuhi kuota pendaftar. Di perguruan tinggi ini ada tiga jurusan yang minim peminat pada SNMPTN beberapa waktu lalu. Jurusan sepi peminat itu adalah Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Tata Niaga serta Sastra Jerman.

Dari Kuota 15 di jurusan Sastra Jerman hanya ada 12 pendaftar. Sementara Pendidikan Tata Niaga ada 16 pendaftar dari 43 kursi yang disediakan. Dan Pendidikan Bahasa Jerman ada 21 pendaftar dari 25 kursi.

“Hanya ada tiga jurusan itu yang tidak memenuhi kuota. Nanti kuotanya digeser ke SBMPTN atau jalur mandiri. Sedang jurusan yang lain pasti terlampaui, karena dari jumlah pendaftar 41.072, hanya tersedia 2.410 kursi di Unesa,” papar Suyatno, Kepala Humas Unesa.

Sedang soal verifikasi, pihak ITS menyatakan akan melakukan verifikasi data yang sudah masuk. Karena it, peserta yang sudah lolos ITS bisa gugur bila data yang diberika tidak sesuai.

“Kalau ada yang tidak sesuai, harus digugurkan. Apalagi kalau dimanipulasi,” ujar Ismaini Zain, Koordinator Humas SNMPTN. Sama halnya dengan unair, ITS akan membiarkan kuota lowong dari peserta yang digugurkan tersebut. ari

author