banner 468x60

Tim Sapuangin ITS Siapkan 4 Pembalap Andal ke Jepang

439 views
iklan

sapuangin tim SAS ITSPenakita | SURABAYA – Empat pembalap andal disiapkan Tim Sapuangin Speed (SAS) ITS Surabaya untuk memenangi ajang Student Formula Japan (SFJ) yang digelar di Ogasayama Sport Park, Shizuoka, Jepang, pada 3-7 September 2013. Para pembalap itu adalah Alam Eka Putra, Rizki Tije, Tito Arifianto dan Ardi Nughroho.

Catatan yang diperoleh PENAKITA.com menyebutkan, keempat pembalap itu sudah dikenal lewat prestasi yang mereka raih di lomba mobil irit Shell Eco Marathon Asia. Namun, khusus di nomor Autocross dan Skid Pad, Tim SAS ITS mengandalkan kemampuan Rizki Tije, pembalap slalom nasional.

Dunia balap sudah dikenal Tije sejak SMP. Saat ini Tije tercatat sebagai jawara di Kejurnas Slalom tiga tahun berturut-turut (2010-2013). Disamping piawai mengendalikan kemudi, pria berperawakan kurus ini juga menguasai mesin karena dia juga tercatat sebagai mahasiswa Teknik Mesin ITS.

Meski demikian, Tije mengaku tidak mudah baginya mengemudikan mobil sport. Pasalnya, selama ini yang sering dia kendarai adalag mobil formula. “Tentu ada bedanya. Tapi, saya terus berusaha adaptasi. Saat ini saya kan baru empat kali uji coba,” tuturnya.

Tije optimis bisa mengendalikan kemudinya setelah melakukan uji coba selama seminggu. ”Asalkan ujicoba seminggu terus menerus, saya rasa sudah lancar,” harapnya.

Optimisme sama dilontarkan sejumlah pembalap yang akan berpacu di ajang SFJ tersebut. “Yang penting harus banyak latihan. Saya target bisa mencetak waktu 4 detik untuk jarak 75 meter, atau hanya selisih 0,4 detik dari rekor SFJ sebelumnya,” cetus Alam Eka Putra.

Keandalan para driver ini diakui Tim SAS ITS pegang peran cukup penting. Sebab, secanggih apapun mobil yang dihasilkan tak akan mampu tampil maksimal di pentas SFJ jika tidak didukung kepiawaian pembalap dalam mengemudi mobil. ari

author