banner 468x60

Tim Sapuangin Target Bisa Capai Kecepatan 4 Detik per-75 Meter

371 views
iklan

Sapu Angin ITSPenakita | SURABAYA – Tim Sapuangin Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) kembali bakal berlaga di pentas dunia. Kali ini, tim yang dimanajeri Arif Aulia Rahman itu akan diuji di kategori On Track di pentas Student Formula Japan (SFJ) 2013.

Kepastian beraksinya Tim Sapuangin (SA) ini maju di kompetisi yang digeber di Shizuoka Jepang, pada 3-7 September 2013 itu diperoleh setelah mereka dinyatakan memenuhi syarat oleh pihak panitia. Peluang maju di ajang yang sudah dilaksanakan untuk ke-11 kalinya ini tentu tak akan disia-siakan Tim SA.

Mereka pun lalu mematok target jadi Pendatang Baru Terbaik. Untuk memenuhi target tersebut, tim yang dibimbing Witantyo ini berusaha mendapat kecepatan empat detik per 75 meter.

Meski diakui, target itu masih di bawah Juara SFJ tahun 2013 yang sukses mencapai 3,9 detik per 75 meter. “Kami belum bisa mentarget juara karena ini pengalaman pertama kami, sementara tim lain sudah berpengalaman. Kami mohon doanya saja agar bisa meriah target itu,” tutur Arif Aulia Rahman.

Ditambahkan Aulia, Tim SA yang memakai mobil Sapuangin Speed akan bersaing dengan 76 tim dari perguruan tinggi se Asia. Di kompetisi yang diadakan SAE (Society of Automotive Engineers) ini Indonesia hanya diwakili tim SA ITS dan UGM.

“Pesertanya memang minim karena syarat yang ditentukan panitia cukup berat dan rumit,” ungkapnya.

Aulia lalu memaparkan, untuk lolos dalam kompetisi ini peserta diharuskan mendaftar online guna mendapat konfirmasi dari panitia. Meski begitu, konfirmasi tersebut belum menjamin mereka bisa tampil karena harus ada penelitian dokumen yang dilengkapi list harga dan rencana bisnis untuk bisa memasarkan mobilnya. ari

author