banner 468x60

Tips Mengoptimalkan Jam Belajar Anak

412 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | SURABAYA – Belajar setiap hari, bukan jaminan anak akan memiliki prestasi akademisi yang baik. Karena beberapa orangtua mengaku, meski setiap hari mewajibkan jam belajar untuk anaknya, namun nilai rapot yang didapat tak kunjung mengalami peningkatan. Jika hal ini juga jadi masalah Anda, simak artikel berikut.

Mengoptimalkan kegiatan belajar anak sebenarnya tidak susah, tentu jika tahu caranya. Dalam hal ini, Anda bisa menyesuaikan belajar sesuai gaya belajar anak. Dikutip dari Parenting, berikut 3 tips yang bisa Anda manfaatkan dalam mengoptimalkan proses belajar anak pada umumnya.

Jauhkan dari gangguan visual. Dalam hal konsentrasi, anak sering susah berkonsentrasi karena gangguan fisik yang ada di sekitar, terutama pada saat belajar. Maka dari itu, untuk mengoptimalkan proses belajar sebaiknya buat suasana setenang mungkin, tanpa gangguan gambar bergerak, fenomena dan hal-hal lain di sekitarnya.

Manfaatkan gerakan. Berbeda dengan visual, ritme yang diulang-ulang sembari memberi informasi, sering diserap anak lebih cepat dan efektif. Cara ini bisa Anda lakukan dengan membebaskan anak bergerak. Seperti melompat-lompat, membuat kerajinan tangan atau hal-hal kebiasaan anak lainnya. Cara ini tak bisa dilakukan pada semua anak, karena beberapa anak justru menyukai suasana tenang.

Bunyi-bunyian. Dalam hal belajar, anak sering melakukan proses penyerapan informasi dengan cara mendengar. Beberapa bunyi-bunyian sering jadi faktor penghambat proses belajar mengajar, oleh karena itu, sebaiknya Anda menjauhkan hal ini saat proses belajar. Meski demikian, cara ini juga tidak bisa dipukul rata untuk semua anak. Beberapa anak tak jarang justru menyukai suasana lebih ramai, ketimbang harus belajar dengan suasana sepi.  adi

 

author