banner 468x60

Tomatina Festival, Banjir Tomat di Seluruh Kota

439 views
iklan

2012-06-10T223845Z_01_JWV08_RTRIDSP_3_COLOMBIAPenakita | KOLOMBIA – Seperti di Indonesia, musim panen sering dirayakan meriah oleh sebagian besar masyarakat dunia. Salah satunya fertival unik bernama Tomatina festival atau Perang tomat yang sering diadakan di berbagai negara Eropa dan Amerika Latin.
Seperti istilahnya, perayaan ini sering melibatkan banyak sekali tomat. Bukan untuk dikonsumsi, dengan tomat-tomat yang disediakan, orang-orang bebas saling melempar dan membuat merah seisi kota.

Perayaan ini sering diadakan secara tahunan di Kolombia atau beberapa negara lain di Eropa seperti Italia dan spanyol. Salah satu tempat yang sering mengadakan festival yang menyedot banyak wisatawan dunia ini adalah kota kota Sutamarchan City.

Dikutip dari Msnbc, tahun lalu acara ini diikuti sekitar 500 orang, yang terdiri dari penduduk lokal dan wisatawan asing. Festival ini sendiri rutin diadakan setiap bulan Juli, atau saat panen tomat begitu berlimpah di kota itu.

Dalam festival ini, setiap orang bebas melempar buah tomat ke siapa saja. Baik teman, lawan atau orang yang belum kita kenali sekalipun. Festival ini sendiri sudah dilakukan sejak abad pertengahan di beberapa Negara di Eropa. Orang Eropa sering melakukannya sebagai rasa syukur atas berlimpahnya hasil panen.

Tak tanggung-tanggung, tahun lalu, pemerintah Kolombia sengaja menyiapkan lebih dari 10 ton tomat untuk acara ini. Tomat-tomat ini sudah melalui proses sortir, dimana beberapa tomat yang kurang bagus dan segar akan digunakan untuk acara ini.

Meski berdampak pada sampah yang menumpuk, kegiatan ini efektif menjadi magnet ratusan pelancong dari berbagai penjuru dunia untuk datang setiap tahunya. Baik mereka yang ingin merasakan suasana ditengah suasana perang, atau mereka yang sekedar melihat kemeriahanya tanpa mau berkotor-kotor. adi

author