banner 468x60

Tumor Membuat Anak Ini Memiliki Kemampuan Aneh

373 views
iklan

Penakita | INGGRIS – Kehadiran tumor membuat anak ini memiliki kemampuan aneh, bahkan bisa melakukan hal yang tidak pernah bisa dilakukan oleh kebanyakan. Yakni ‘tangan cermin’, dimana kemampuan mata yang bekerja sendiri-sendiri, memungkinkan kedua tangan bisa saling meniru dalam waktu yang sama.

Seperti dikutip dari Dailymail, kejadian ini menimpa Ethan Burn (4), kemampuan ini membuat kedua tangannya bisa bekerja bersama-sama, karena bagian mata yang dapat melakukan tugas sendiri-sendiri.

Ethan didiagnosa memiliki tumor di belakang matanya. Kondisi langka ini menyebabkan gerakan tangannya dapat meniru satu dengan yang lain. Ketika ia mengambil benda di satu tangan, maka tangan yang lain dapat melakukan gerakan yang sama. Melalui proses MRI scan, tumor kanker yang tumbuh pada bocah ini terletak di belakang mata kirinya.

Orme (32), sang ibu mengatakan, kondisi ini diketahuinya sejak Ethan berusia empat bulan, namun terdiagnosis dokter ketika usianya menginjak dua tahun. Orme dan suaminya Robert (45) di Carshalton, Surrey, Inggris mengatakan, hal aneh yang ini membuat Ethan memiliki sinkronisasi sempurna.

“Kemudian dia mulai memegang mainan di satu tangan, dan ia akan menyalinnya dengan tangannya yang lain. Aku membawanya untuk diperiksa namun awalnya mereka (dokter) tidak berpikir ada sesuatu yang salah dengan dirinya,” katanya.

Karena hal ini, Dokter kemudian merujuk Ethan untuk mendapat perawatan lebih intensif di Rumah Sakit Epsom di Surrey dengan penanganan khusus ahli saraf. Dia kemudian dikirim untuk MRI scan pada bulan Desember 2010.

Dalam diagnosis ini dokter menduga itu adalah tumor kanker langka yang tumbuh di belakang matanya. Menurut nyonya Burn, hal ini adalah angin segar dalam menjawab teka teki Ethan.

Tes dua minggu kemudian menegaskan bahwa Ethan memiliki retinoblastoma, kanker masa kanak-kanak yang langka mata. Dia mulai kemoterapi segera untuk mencoba dan mengalahkan penyakit. Sebagai pengobatan berlangsung, dokter di Royal London Hospital dan Great Ormond Street menemukan lebih banyak dan lebih ‘bibit’ tumor yang mulai tumbuh.

Secara total, mereka telah berhasil berhasil mengobati lebih dari seratus tumor di belakang mata kirinya. Ethan telah kehilangan penglihatan di mata kirinya, namun ia masih mampu naik sepeda, bermain kriket dan tenis. Namun jika tumor kembali ditemukan, maka kemungkinan besar Ethan akan kehilangan matanya.

author