banner 468x60

Tutor Sebaya Wadah ‘Curhat’ Siswa SMPN 3 Surabaya

471 views
iklan
Retno Indah, Kepala SMP Negeri 3 Surabaya

Retno Indah, Kepala SMP Negeri 3 Surabaya

Penakita | SURABAYA – Berdiri kokoh sejak puluhan tahun lalu, SMPN 3 Surabaya tahun demi tahun, tetap dipercaya untuk mendidik anak-anak bangsa menjadi generasi yang unggul. Sekolah yang terletak di Jalan Praban Surabaya ini memiliki cara dan strategi tersendiri untuk mengembangkan potensi siswa-siswanya agar dapat bersaing dalam kancah pendidikan di Surabaya.

Berbagai program unggulan pun digalakkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas lulusan. Di antaranya adalah program tutor sebaya dan pendampingan guru.

Program unggulan SMPN 3 Surabaya ini diadakan dua hingga tiga kali dalam seminggu, khusus untuk siswa kelas 9, dalam rangka persiapan UN (Ujian Nasional). Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, masing-masing terdiri atas 10 orang siswa. Dengan kegiatan ini, mereka dapat saling sharing pelajaran yang tidak mereka pahami.

“Kegiatan ini sangat positif sekali, dan antusiasme siswa cukup besar. Karena banyak siswa cenderung lebih nyaman bertanya dan sharing dengan teman sebayanya dibandingkan dengan guru,” kata Kepala SMPN 3 Surabaya, Dra Hj Retno Indah S MPd kepada Penakita.com, Selasa (12/3/2013).

Ditambahkan Retno Indah, kelompok ini akan diawasi seorang guru pendamping. Guru pendamping pun tak hanya memberikan materi, tetapi juga berperan mengajak siswa ke hal-hal yang positif, seperti mengingatkan siswa untuk rajin beribadah dan rajin belajar.  ika

author