banner 468x60

UB Upayakan 12 Prodi Raih Akreditasi Internasional

455 views
iklan

Universitas BrawijayaPenakita | MALANG – Universitas Brawijaya (UB) bertekad terus meningkatkan kualitas di semua program studi guna memperoleh pengakuan internasional. Meski untuk melakukan akreditasti itu diperlukan investasi tidak sedikit, namun hasilnya akan memberi keuntungan lebih besar ketimbang bea yang dikeluarkan.

Demikian ungkap Prof Dr Ir Bambang Suharto, Pembantu Rektor I UB. “Kalau dapat akreditasi internasional, UB akan sejajar dengan kampus-kampus ternama internasional. Dampaknya, antara lain mahasiswa asing bisa menambah kredit di UB tanpa harus melakukan penyetaraan lagi,” paparnya.

Ditambahkan, saat ini UB sudah mengantongi akreditasi internasional untuk program studi (Prodi) Pascasarjana (S2) Akuntansi dan Teknologi Hasil Pertanian (THP). Kedua prodi tersebut sudah dapat pengakuan internasional sejak tahun 2012.

Selanjutnya diharapkan ada pengakuan serupa pada 12 prodi di UB. “Kami memang menanam investasi cukup besar untuk melakukan akreditasi 12 prodi ini. Namun, hasilnya akan setara setelah prodi-prodi itu mendapat pengakuan internasional,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, badan akreditasi internasional yang memberikan penilaian terhadap dua prodi itu adalah ARBEST21 untuk S2 Akuntansi UB dan IFT untuk prodi THP UB. Sedang untuk ke-12 prodi yang lain, akan diakreditasi oleh badan-badan akreditasi internasional sesuai prodinya masing-masing.

“Beberapa sudah divisitasi oleh badan akreditasi tersebut. Prosesnya memang lama, tapi kalau tidak ada halangan, tahun ini akan ada lagi prodi UB yang mendapat akreditasi internasional,” bebernya.

Bambang enggan menyebut nama-nama prodi yang dimaksud, karena menurutnya bisa saja penilaiannya gagal di tengah jalan. “Kalau kami umumkan sekarang ke publik, tapi kemudian nanti gagal, kan nggak pas jadinya. Lebih baik kita tunggu sampai akreditasi itu keluar,” pungkasnya. adi

author