UI Ambil Data Twitter untuk Penelitian

logo_twitterPenakita | JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) bakal menjalin kerjasama dengan Twitter untuk penyediaan data bagi penelitian. Selama data yang kerap dipakai untuk penelitian memang berasal dari Twitter.

Nantinya, bila kerjasama terjalin, pihak peneliti akan mendapat data utuh sehingga proses penelitian semakin mudah.  “Manfaat kerjasama ini sangat besar. Karena data itu biasanya ditarik per hari,” ujar Mirna Andriani, Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI.

Ditambahkan Mirna, untuk realisasi kerjasama itu, pihaknya telah berbincang dengan Chief Executive Officer (CEO) Twitter Dick Costolo. Twitter juga bekerja sama dengan Fasilkom UI memberikan beasiswa untuk lima mahasiswi melalui program #Twitter4WaniTek.

Program tersebut diharapkan dapat mendorong jumlah perempuan yang berkecimpung di dunia teknologi dan informasi. Mirna berharap pihaknya dan Twitter dapat bekerja sama untuk membuka kesempatan lebih lebar bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program magang di kantor pusat Twitter San Fransisco.

Salah satu mahasiswa Fasilkom UI, Tri Ahmad Irfan diterima magang di Twitter San Fransisco. Irfan lolos seleksi setelah mengikuti berbagai proses yang dijalaninya secara mandiri, tanpa campur tangan universitas.

Dalam akun Twitternya, @irfan3 mengunggah fotonya bersama CEO Twitter Dick Costolo dan menulis, “See you next summber in San Fransisco boss! @dickc @univ_indonesia @FASILKOM_UI”.