banner 468x60

UI Buka Prodi Ilmu Ekonomi Islam

460 views
iklan

Prodi_UIPenakita | JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) membuka program studi baru yaitu Ilmu Ekonomi Islam untuk jenjang S-1. Program studi (Prodi) yang diproyeksikan akan menghasilkan tenaga kerja berkualitas di bidang perbankan syariah ini mulai menerima mahasiswa angkatan pertama pada tahun akademik 2013/2014.

Meski berbasis pada nilai dan moral agama Islam, namun prodi ini tetap bersifat ilmiah karena nilai dan moral agama tidak menghalangi secara objektif untuk menentukan hubungan kausal antar variabel.

Prodi ini menawarkan beberapa mata ajar seperti Metodologi Ekonomi Islam, Makro dan Mikroekonomi Islam, Model Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan Islam, Ekonomi Moneter Islam, Ekonomi Internasional Islam hingga fiqh riba.

Bagi yang tertarik untuk menempuh pendidikan di prodi ini dapat mendaftarkan diri melalui tiga jalur masuk yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui nilai rapor atau jalur tertulis pertama melalui SBMPTN yang digelar 11-12 Juni 2013, dan jalur tertulis kedua melalui Simak UI. Untuk biaya pendidikan, mulai tahun akademik 2013/2014 semua fakultas di UI termasuk Fakultas Ekonomi menerapkan kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Kebijakan ini berdampak pada pembebasan uang pangkal sehingga bagi mahasiswa yang diterima cukup membayar Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan yang jangkauannya dari Rp 100.000-Rp 5.000.000 setiap semester untuk kelompok non-eksakta.

Informasi lebih lengkap bisa dilihat di laman www.ui.ac.id. Selain itu, bisa juga mengirimkan email ke pebs.feui@yahoo.com sehingga dapat lebih jelas bertanya mengenai informasi akademik program studi ini. dde

author