banner 468x60

UIN Maliki Malang Siapkan Ijin Jurusan Kedokteran

620 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | MALANG – Beda dengan perguruan tinggi negeri (PTN) lain, sistem penerimaan mahasiswa baru untuk jalur undangan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) di Kota Malang dilakuan lewat dua cara.

Yang pertama adalah lewat Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan lainnya melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan TInggi Agama Islam Negeri (PTAIN) Kementerian Agama (Kemenag).

Menurut Dr Zainudin MA, Wakil Rektor I UIN Maliki, jumlah mahasiswa baru (maba) yang diterima pada tahun 2014 ini sebanyak 1.700 orang melalui jalur undangan. Dari jumlah itu, sebanyak 876 kursi dialokasikan untuk SNMPTN, sedang sisanya (824 kursi) untuk SPAN PTAIN.

Ditambahkan pula, ada 19 prodi yang bisa dipilih pada jalur undangan UIN Maliki. Namun untuk jalur undangan 2015, kemungkinan besar UIN Maliki akan bertambah lagi karena kampus Ulul Albab ini sedang mengajukan izin pendirian jurusan Kedokteran.

“Semua sarana, tenaga pengajar, hingga pengajuan izin, sudah kami lakukan sepanjang 2013. Semoga saja 2015 jurusan Kedokteran UIN Maliki sudah bisa masuk jalur undangan,” bebernya.

Informasi lain yang diperoleh PENAKITA, secara keseluruhan kuota mahasiswa baru di UIN MAliki sebanyak 3.500 kursi. Selain disaring melalui jalur undangan (SNMPTN dan SPAN PTAIN), mahasiswa baru ini diseleksi melalui jalur ujian tulis (SBMPTN) dan mandiri. sum

author