banner 468x60

Ujian, Mudah Sakit, Ini Cara Mengatasinya

355 views
iklan

boy-have-a-fluPenakita | SURABAYA – Musim ujian tiba, tren anak sakit meningkat. Banyak hal yang bisa menyebabkan daya tahan tubuh anak menurun drastis. Jika kita mengetahuinya, menghindari faktor penyebabnya akan membuat anak lebih kebal penyakit, dan yang pasti sukses di dunia akademisinya. Apa saja itu, berikut selengkapnya.

Jaga kebersihan. Sudah bukan rahasia lagi, lingkungan yang kotor sering menjadi sarang segala jenis bakteri dan kuman. Saat masuk tubuh, tentu akan berkembang menjadi penyakit. Terutama bagian tangan, jika kurang diperhatikan membuat siapa saja, tak hanya anak, mudah terserang penyakit.

Aktif. Tetap aktif (meski dilakukan di dalam rumah) adalah cara bijak tingkatkan kekebalan tubuh. Seperti dikutip dari Parenting, dalam sebuah penelitian, menjadi aktif setiap hari akan meningkatkan kekebalan dan membuat tubuh 50 persen lebih tahan terhadap penyakit, terutama flu.

Tidur cukup. Seperti makan, kebutuhan tidur mutlak harus terpenuhi dalam porsi yang tepat. Hal ini akan meningkatkan kualitas kesehatan dan menjauhkan anak dari flu dan pilek. Pada dasarnya anak memerlukan tidur selama 11-14 jam setiap hari, terdiri dari tidur siang dan malam hari.

Hilangkan kebiasaan menyentuh muka. Pada dasarnya kuman dan virus lebih mudah masuk ke tubuh pada beberapa lubang di muka. Seperti mata, hidung dan mulut. Menghindari kebiasaan menyentuh muka akan membuat risiko penurunan kekebalan tubuh rendah.

Penuhi kebutuhan nutrisi. Selalu memperhatikan kebutuhan nutrisi di makanan harian adalah cara sederhana meningkatkan kekebalan tubuh. Selain mengenyangkan, usahakan bahan makanan terdiri dari sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, stroberi, dan jeruk mengandung banyak vitamin C. adi

author