banner 468x60

Ujian Nasional Cacat Hukum!

395 views
iklan

demo hapus unasPenakita | SURABAYA – Karut marutnya pelaksanaan ujian nasional (UN) 2013 membuat banyak pihak merasa tidak nyaman. Aksi menuntut dihapuskannya UN pun kian gencar dilakukan. Salah satunya dilakukan pelajar yang tergabung dalam Ikatan pelajar Muhammadiyah (IPM) Jawa Timur.

Desakan puluhan pelajar IPM Jawa Timur tersebut disampaikan dalam aksi yang digelar di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (23/4/2013) sore.

Koordinator Aksi Adam Syarif Thamrin mengatakan, UN di semua tingkatan harus dihapus karena sejak tahun 2009 pelaksanaannya cacat hukum. IPM Jatim ini lalu merujuk keputusan Mahkamah Agung tentang Penyelenggaran UN.

Dalam putusan itu, hakim menilai pemerintah telah lalai terhadap pemenuhan kebutuhan HAM di bidang pendidikan yakni tidak memberikan fasilitas yang memadai. Hal itu berarti, pemerintah dapat menggelar UN jika kualitas guru dan sarana pendidikan benar-benar sudah memadai dan standar pendidikan yang sama dapat diterapkan di seluruh wilayah Indonesia.

“Faktanya, kualitas guru dan sarana pendidikan masih sangat memprihatinkan. Karena itu, UN yang diselenggarakan kali ini adalah cacat hukum dan inskonstitusional serta harus dihapuskan,” tandas Adam.  ari

author