banner 468x60

Ujian Penyetaraan Bersamaan dengan Unas

446 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Mulai tahun ini, ujian paket atau penyetaraan, dilaksanakan bersamaan dengan pelaksaan Unas. Ujian paket ini diperuntukkan bagi kelompok masyarakat belajar atau siswa pendidikan formal yang tidak lulus Unas. Jadwalnya juga bersamaan tanggal dan harinya Unas reguler.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Jawa Timur, Muhammad Nasor. “Untuk tahun ini, ujian Paket digelar bersamaan dengan pelaksanaan Unas. Namun waktunya sore atau setelah Unas reguler selesai,” kata Nasor pekan lalu.

Pendidikan nonformal dan informal ini meliputi kelompok belajar masyarakat dan pendidikan penyetaraan. Sesuai tingkatannya, Ujian paket bersama Unas ini digelar bersamaan dengan jadwal Unas reguler. Mulai jadwal Unas SMA sampai SD, semua ujian paket sesuai jadwal Unas SD-SMA.

Sesuai tingkatannya, ujian Paket A untuk penyetaraan pendidikan SD. Ujian paket B setara dengan pendidikan SMP dan Paket C untuk mereka yang menempuh pendidikan penyeataraan SMA.

Sebelumnya, ujian Paket digelar tiga bulan setelah Unas reguler. Mulai tahun ini tak ada lagi ujian paket masih menunggu beberapa bulan. Ujian paket ini diperuntukkan bagi kelompok belajar masyarakat dan yang Unas tahun lalu tak lulus.

Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan pusat, Unas serentak digelar mulai 25 April 2013. Lebih dulu Unas jenjang SMA mulai 15-18 April 2013. Selanjutnya Unas SMP pada 22-25 April 2013, dan terakhir Unas SD 6-8 Mei 2013.

author