banner 468x60

Ujian Sekolah Juga Diberlakukan di Madrasah Ibtidaiyah

375 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | SURABAYA – Jajaran Kementerian Agama (Kemenag) ternyata juga akan melakukan pengalihan ujian nasional (UN) menjadi ujian sekolah (US) di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). Menurut Nur Syam, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Dirjen Pendis Kemenag), kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melimpahkan UN ke daerah juga menjadi bagian dari kebijakan Kemenag.

“Kebijakan Kemendikbud tentu juga kami laksanakan, karena ini kan satu sistem. Artinya yang dilakukan Kemendikbud tentu akan kami lakukan pula,” tegasnya.

Disinggung mengenai anggaran, mantan Rektor IAIN Sunan Ampel ini menegaskan, akan ada proses revisi dan itu diakui tidak akan sulit. ”Kami segera koordinasi masalah ini. Yang penting kalau itu sudah jadi kebijakan Kemendikbud, kami akan ikuti,” tandas Nur Syam.

Sementara, Sujak, Kepala Kanwil Kemenag Jatim menambahkan, perubahan kewenangan US ini pihaknya akan mengumpulkan madrasah untuk menyamakan visi dalam menyiapkan US. ”Sebenarnya, kami tidak masalah karena ada yang menangani khusus pendidikan dasar islam. Anggarannya juga sudah ada,” ujarnya.

Karena masalah US ini menyeluruh, rencananya Sujak juga akan berkoordinasi denagn Dinas Pensdidikan Jatim. ”Kami akan koordinasi secepatnya karena waktunya pun makin dekat,” tuturnya. ari

author