Ulasan BlackBerry Passport

 

Setelah menanti jeda yang cukup lama dari seri sebelumnya, akhirnya seri Passport diluncurkan juga oleh BBRY. Dengan mengemas sesuatu yang berbeda, sepertinya BBRY berharap mendapatkan perhatian khusus dari para pengguna smartphone.

Apakah benar demikian ?

passport_angle3_black_frontlean

BlackBerry Passport di launching tanggal  24 September dengan mengambil 3 tempat berbeda yakni  kota  London, Toronto and Dubai . Meski Indonesia belum termasuk urutan untuk launching seri yang unik ini, namun beberapa gadgets freak sudah bisa mendapatkannya dari luar negeri.

 

Berikut sekilas ulasan dari penulis untuk BlackBerry Passport ini.

  1. Design dan Display

BlackBerry berani mengambil keputusan untuk meluncurkan seri Passport ini tentu saja dengan banyak pertimbangan yang matang. Namun sebagai pengguna, melihat dimensi Passport ini adalah hal pertama yang layak diperbicangkan terlebih dahulu. Dengan ukuran 128 x 90.3 x 9.3 mm, dimensi Passport hamper layak disebut bujursangkar. Memegang Passport ini untuk pertamakalinya memang terasa canggung, namun setelah dua hari , sudah terbiasa pula.

Sedikit canggung juga saat menerima telepon dengan Passport ini, untuk ukuran wajah yang imut-imut, sebab Passport akan menutupi sebagian besar bagian wajah pengguna. Dengan berat  196 gram, Passport juga terasa kurang nyaman digenggam berlama-lama.

Dibagian sisi bawah hanya terdapat slot charger, sedangkan di sisi atas terdapat tombol power dan jack handsfree. Secara proporsional , Passport menjawab kebutuhan para pebisnis yang ingin tampil beda, yakni dengan layar yang bujursangkar, namun tetap memiliki keyboard fisik.

Display 1440 x 1440 pixels, 4.5 inches (~453 ppi pixel density) patut diacungi jempol untuk kecerahan warna, meski berada ditengah terik matahari. Meski begitu, BBRY menglindungi Passport ini dengan layar bertype Corning Gorilla Glass 3.

  1. Keyboard

QWERTY masih merupakan andalan BBRY dalam memunculkan seri Passport ini. Namun ada sesuatu yang berbeda dari seri sebelumnya, bahkan berbeda dari seri perangkat bermerk lain yang memiliki keyboard fisik QWERTY.

“Meliuklah diatas keyboard”, itulah hal yang pantas diberitahukan pada pemakai Passport ini. Sebab Passport memiliki fitur yang tersembunyi dikeyboardnya, yang memungkinkan pemakai memainkan jempol dan telunjuknya diatas keyboard guna mengfungsikan scroll up, scroll down, bahkan melakukan bloking kalimat yang ada dilayar.

Ya!, bahkan dengan cara yang cukup mudah, menghapus kata per kat pun bisa dilakukan hanya dengan mengusapkan dari kanan kekiri dikeyboard Passport. Apabila ingin melakukan pemilihan/bloking kalimat, cukup ketukkan satu kali maka icon pointer dilayar akan berubah menjadi linkaran yang berfungsi untuk memilih kalimat mana yang akan di sunting.

IMG-20141014-02109

  1. Empat Fitur baru di Passport

Menilik Passport yang dipersentai processor Quad Core 2.26 Ghz Krait 400 GPU Adreno 330, serta sokongan dari Qualcomm MSM8974AA Snapdragon 801. Terasa kurang lengkap jika tidak mencoba fitur terbaru di Passport ini, yakni :

  1. Keyboard QWERTY Touch, merupakai keyboard yang sekaligus bisa disentuh disegala area untuk shortcut2 tertentu yang dapat mempercepat pekerjaan.
  2. Aplikasi Android ready, dalam menu setting telah disediakan setting untuk membuka diri menerima aplikasi .apk yang diinstall dari luar.
  3. BlackBerry HUB, dengan Instans Action. Membuat Passport ini lebih mudah dioperasikan dengan settings advanced yang disediakan di halaman HUB.
  4. BlackBerry Assistant, build in to work. Fitur ini mempercepat pemakai dalam beraktifitas. Cukup letakkan Passport di meja, tap icon bergambar “mic” maka berujarlah sesuatu misalnya menyebut nama seseorang maka Passport segera akan melakukan panggilan telepon kepada orang yang disebutkan tadi. Ataupun bisa memerintahkan Passport mencari file penting di dalam file manager Passport
  1. Kamera dan Operating System

Kamera didukung 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, optical image stabilization, LED flash, dengan kamera kedua yang terletak dibagian depan sebesar 2 MP, 720p.

Operating System Passport ini sudah didukung 10.3, dengan langsung melakukan update software berkisar 500MB begitu perangkat diaktifkan pertama kalinya.

Sedangkan network yang disediakan adalah :

2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
4G Network LTE 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600
  LTE 700/800/850/900/1700/1800/1900/2100/2600
(Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 13, 17, 20)

Cukup mumpuni bagi pengguna Passport yang sering traveling ke manca negara.

Dalam test yang dilakukan untuk melihat kemampuan browsernya, BlackBerry Passport mendapatkan skor 491. Sedangkan hal lain yang patut mendapatkan skor baik adalah peningkatan kinerja battrey di produk yang diluncurkan vendor asal Kanada ini. Dalam percobaan aplikasi standart dan pemakaian minimalis, bisa bertahan 56jam. Dan untuk pemakaian yang full fitur dan abuse mampu bertahan 32jam nonstop. Waktu siaganya berapa? tentu saja lebih panjang dari itu.

Untuk melihat video unboxing silahkan klik BlackBerry Passport

Sekilas ulasan dari penulis. Bagaimana dengan anda ?

[a]