UM Optimalkan UKM Koperasi Mahasiswa untuk Gembleng Kewirausahaan

Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang

Penakita | MALANG – Meski memiliki tagline The Learning University, yaitu kampus pencetak tenaga kependidikan, namun Universitas Negeri Malang (UM) juga menekankan semangat kewirausahaan bagi mahasiswanya. Untuk mengukuhkan tekad itu UM menggembleng para mahasiswa khususnya program studi non-kependidikan mengenai karakteristik perusahaan dan potensi bisnis.

Selain Prodi Kependidikan, kampus eks-IKIP itu kini memiliki Prodi Non-Kependidikan. “Semangat kewirausahaan ini yang harus dimiliki para mahasiswa UM terutama dari prodi non-Kependidikan. Kami memang bukan entrepreneurial university. Tapi wawasan dan semangat kewirausahaan harus jadi bagian mahasiswa kami, khususnya mahasiswa prodi non-Kependidikan,” ucap Prof Dr Suparno, Rektor UM beberapa waktu lalu.

Untuk memberikan wawasan kewirausahaan itu, lanjut Suparno, UM akan memaksimalkan fungsi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UM. Di UKM KOPMA ini, lanjutnya, mahasiswa digembleng mengenai karakteristik perusahaan dan potensi bisnis.

Menurut Suparno, UM juga memiliki program membangun Mall Akademik. “Kami juga sedang membangun jaringan unit bisnis internal. Satu yang sudah berjalan dan cukup prestisius adalah Graha Cakrawala. Kami harapkan semangat unit bisnis kami ini tertular pula kapada para mahasiswa,” imbuhnya.

Sementara Fatmawati Istamar, Kabag Kerjasama dan Humas UM menyatakan, sejak tahun 2000 UM telah memiliki Program Keahlian Bisnis dan Industri (PKBI). Program PKBI ini merupakan program vokasi untuk mencetak tenaga kerja siap pakai sekaligus memiliki jiwa wirausaha.

“Kami pun membuat Program Wirausaha Mahasiswa (PWM) UM. Di unit PWM ini, mahasiswa bisa mengajukan proposal kewirausahaan dan akan mendapatkan dana bantuan hingga Rp 8 juta sebagai modal pengembangan usaha,” pungkasnya. sum