banner 468x60

UN Bermasalah, Mendikbud Dituntut Mundur

366 views
iklan

ujian11Penakita | JAKARTA – Amburadulnya pelaksanaan ujian nasional (UN) di sejumlah provinsi di Indonesia menunjukkan bobroknya manajemen UN yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain itu, kasus tersebut juga berpotensi meningkatkan stres para siswa dan guru yang sudah beberapa bulan lalu mempersiapkan diri menghadapi UN.

“UN bukan sesuatu yang mendadak. Kegiatan ini sudah terencana berbulan-bulan sebelumnya. Jadi, kalau gagal atau terunda, maka menunjukkan betapa buruknya manajemen persiapan UN yang dilakukan Kemendikbud,” tegas Hermawi Taslim, Ketua Umum Forum Alumni PMKRI, Senin (15/4/2013) malam.

Karena itu, lanjut Taslim, Mendikbud harus bertanggung jawab penuh atas kasus ini. “Kalau dalam satu atau dua hari ke depan, persiapan dan pelaksanaan UN tidak membaik. Saya minta Mendikbud mengundurkan diri. Karena sumber persoalan utama ada di Mendikbud,” tegas Taslim.

Menurut Taslim, para siswa dan guru adalah pihak yang menjadi korban dan paling menderita dalam kasus penundaan UN. Mereka sudah menyiapkan diri berbulan-bulan, tiba-tiba dikabarkan UN itu ditunda hanya karena materi ujian belum tiba di sekolah. Kondisi itu bisa membuat mereka semakin resah, dan berpeluang menurunkan semangat menghadapi UN. dde

author