banner 468x60

UN SMP Tanpa Pengawas Perguruan Tinggi

458 views
iklan

ujian SMPPenakita | SURABAYA – Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs ternyata tidak seketat UN untuk SMA/MA/SMK. Pasalnya, UN SMP/MTs tidak lagi dipantau pengawas perguruan tinggi.

Dengan demikian, jujur tidaknya pelaksanaan UN di tingkat ini hanya mengandalkan pengawas ruang yang diambil dari sekolah lain. “Untuk UN SMP ini kami hanya berwenang mengawasi pengadaan naskah di percetakan hingga proses penyimpanan di polrestabes. Dan itu semua sudah selesai didistribusikan ke polres. Semua lancar tanpa kendala,” kata Prof Alimufie Arief, Koordinator Pengawas Perguruan Tinggi.

Sementara untuk proses pemindaian lembar jawaban unas (LJUN)  juga tidak dilakukan perguruan tinggi, namun langsung Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim. Proses ini juga berbeda dengan UN SMA/MA/SMK yang pemindaiannya dilakukan di perguruan tinggi sebelum akhirnya dikirim ke pusat untuk skoring.

“Memang di POS (prosedur operating sistem) demikian. Mungkin karena SMA akan masuk perguruan tinggi, jadi diperketat dan diawasi langsung kami,” tuturnya.

Alimufie optimis tidak ada kecurangan selama UN SMP/MTs. Pengawas ruang di UN SMP/MTs, lanjut Alimufie, sudah banyak belajar dari kasus yang terungkap saat UN SMA.

“Memang pengawas ruang ini memiliki peranan yang sangat besar mulai dari mengawasi peserta saat menyobek LJUN hingga memperlakukan LJUN agar bisa dipindai. Semoga tidak ada kecurangan-kecurangan seperti sebelumnya,” tandasnya. ari

author