banner 468x60

Unair Dapat Jatah Bidan dan Perawat untuk Dukung RS Pendidikan

473 views
iklan

logo unairPenakita | SURABAYA – Berbeda dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), kondisi pendidikan di Universitas Airlangga (Unair) masih lebih baik. Saat ini rasio mahasiswa dan dosen di perguruan tinggi negeri (PTN) tertua di Jawa Timur itu adalah 1:16.

Informasi yang diperoleh PENAKITA.com menyebutkan, Unair diperkuat 2.000 dosen tetap. Sedang jumlah mahasiswa mulai jenjang D3, S1, S2 dan S3 sebanyak 32.000 orang.

“Kalau dituruti semua memang masih kurang, tetapi kami berusaha memaksimalkan tenaga dosen yang ada agar proses perkuliahan tetap berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Bagus Ani Putra, Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair.

Menurut Bagus Ani Putra, saat ini Unair fokus mendapatkan dosen untuk S3 dengan keilmuan khusus. Namun, diakui, dosen untuk level D3 hingga S2 juga masih dibutuhkan.

“Setiap tahun jumlah mahasiswa kami kan bertambah seiring dengan peningkatan kuota. Jadi kami memang masih butuh tambahan dosen,” tutur doktor bidang Psikologi ini.

Lebih lanjut Bagus Ani Putra menyatakan, pemerintah pusat tahun ini menambahkan kuota untuk dosen dan tenaga kependidikan sebanyak 99 formasi. Selain untuk dosen, formasi lain yang disediakan untuk pustakawan, bidan, akuntan, perawat, bagian perlengkapan dan sarana-prasarana.

Diakui Bagus Ani Putra, formasi bidan dan perawat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit pendidikan Unair. ”Memang saat ini kami konsen untuk memenuhi kebutuhan di rumah sakit lebih dahulu karena baru berdiri dan ini juga dalam rangka pelayanan ke masyarakat,” tuturnya. ari

author