banner 468x60

Unesa-Dindik Surabaya Latih 3.000 Guru Pelaksana Kurikulum 2013

362 views
iklan

Kurikulum_2013Penakita | SURABAYA – Para peserta program pendampingan Kurikulum 2013 selain akan mengcover 11 kabupatenm/kota di Jawa Timur (Jatim) di wilayah binaan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) juga akan dikirimkan ke Kutai Timur dan Bontang. Daerah tersebut dipastikan siap menerapkan Kurikulum 2013 dari tingkat SD, SMP, dan SMA.

Untuk Surabaya, menurut Martadi, tim PGG Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pihaknya sudah ada komitmen dengan Dinas Pendidikan (Dindik) setempat untuk melatih sekitar 3.000 guru SMA yang rencanannya akan dilakukan dalam 14 kali pertemuan.

“Dengan persiapan ini semua, saya yakin kurikulum 2013 sudah bisa diterapkan,”katanya. Staf Ahli Bidang Kerja sama Unesa ini, Jumat (21/6/2013).

Terpisah, Rektor Unesa Prof Muchlas Samani optimis meski waktu mepet, kurikulum baru tersebut bisa diterapkan. Apalagi jika buku-buku panduan sudah diterima guru dan murid.

“Saya kira selama ini tidak banyak guru yang membaca kurikulum. Mereka lebih tertarik membaca buku panduan yang lebih aplikatif. Jadi kalau sekarang pemerintah menyanggupi ada buku untuk siswa dan guru, saya rasa tidak susah untuk menerapkan kurikulum,” ucap Muchlas.

Sebagaimana diberitakan Unesa bakal memberi pelatihan pada 240 mahasiswa S2, S3, dan dosen. Mereka disiapkan menjadi instruktur yang akan memberikan pendampingan aplikasi kurikulum ke guru sekolah. Sebagian mahasiswa S2 ini adalah penerima beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud). ari

author