banner 468x60

Universitas Airlangga Bangun RS Stem Cell Gandeng Investor Lokal

508 views
iklan

Unair - Institute of Tropica; DiseasePenakita | SURABAYA – Universitas Airlangga (Unair) bakal memiliki rumah sakit khusus riset dan pengobatan di bidang stem cell (sel punca). Pendirian RS yang nantinya di bawah pengelolaan Lembaga Penyakit Tropik (Institute of Tropical Disease/ITD) ini merupakan wujud penunjukan Unair sebagai pusat pengembangan stem cell di Indonesia.

Menurut Nasron, sebenarnya banyak yang mengajak kerjasama ITD untuk pembangunan RS Stem Cell, termasuk diantaranya adalah investor dari Korea Selatan. ”Tetapi pak menteri (Menteri BUMN) melarang karena Indonesia sendiri mampu untuk untuk mengerjakannya. Kalau dari luar negeri nanti kita dijadikan suruh-suruhan, padahal kita yang memiliki teknologinya,” ujar Prof Dr Nasronudin, Kepala ITD Unair mengutip pernyataan Menteri BUMN.

Karena itu, lanjut Nasron, pembangunan RS yang terdiri dari 16 lantai dan didirikan di antara gedung ITD dengan gedung RS Unair (RSUA) ini dilakukan bekerjasama dengan investor swasta dalam negeri. Ditambahkan pula, jika tak ada aral melintang, pemasangan tiang pancang RS Stem Cell ini akan dilakukan awal 2014.

RS stem cell ini nantinya berfungsi sebagai penelitian yang berbasis perawatan, maupun perawatan yang berbasis penelitian dengan misi utama untuk kesejahteraan masyarkat.

Pembangunan rumah sakit ini mengiringi peningkatan aktivitas ITD yang rencananya mulai tahun depan memproduksi masal stem cell. Produksi masal ini akan difasilitasi Kementerian BUMN dengan memberikan alat produksi masal sekitar Rp 4 miliar.

Sedang Unair akan mengucurkan anggaran sebesar Rp 675 juta untuk pembangunan clean room dan laboratorium. ”Jadi ruangannya dari Unair, alatnya dari Menteri BUMN. Bantuan  semuanya dalam bentuk barang,” cetus Nasron. ari

author