banner 468x60

Universitas Brawijaya Buka S2 Terapan. Penekanan Praktek 60 Persen

350 views
iklan

univ brawijayaPenakita | MALANG – Tahun akademik 2014-2015 mendatang Universitas Brawijaya (UB) bakal membuka program Magister Terapan. Jalur S2 Terapan ini dimaksudkan untuk menampung lulusan vokasi Terapan (D4) UB yang ingin meningkatkan kualitas akademiknya.

Program D4 Terapan Vokasi UB saat ini baru menyediakan empat program studi (prodi), yaitu Perbankan, Desain Grafis, Pariwisata dan Perhotelan, serta Instrumentasi Medik. Untuk S2 Terapan kemungkinan hanya beberapa saja yang akan dibuka kelasnya.

Menurut Pembantu Rektor I UB, Prof Dr Ir Bambang Suharto, UB saat ini masih menyiapkan sarana-prasarananya, dan juga tenaga pengajarnya, serta perizinannya. “Kemungkinan tidak semua prodi yang ada di D4 Vokasi UB kami adakan program Magisternya,” paparnya.

“Sesuai amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pendidikan Vokasi ini merupakan rencana strategis kepentingan nasional untuk mencetak tenaga-tenaga ahli yang siap pakai. Terobosan membuat S2 Terapan Vokasi UB, untuk semakin meningkatkan nilai jual lulusan lulusan UB di mata dunia industri,” kata Bambang, Jumat (23/8/2013).

Ditekankannya, meski progam Magister, S2 Terapan Vokasi UB ini sistem pengajarannya tetap lebih banyak praktek ketimbang teori. “60 persen praktek dan sisanya teori, tetap menjadi acuan pengajarannya,” ungkap Bambang.

Program Vokasi UB memiliki 18 prodi. Dari jumlah itu 14 prodi diantaranya adalah D3, sisanya Program Sarjana Terapan (D4). “Tahun akademik ini, kami membuka 630 kursi untuk Vokasi UB. Dengan dibukanya S2 Terapan nanti, kami berharap ada penambahan kursi dan juga peminat,” ucapnya. sum

author