banner 468x60

Universitas Jember Unggulkan Riset Kopi

444 views
iklan

unejPenakita | JEMBER – Universitas Jember, Jawa Timur, menetapkan tujuh riset unggulan. Hal itu sesuai visinya sebagai universitas yang unggul dalam pengembangan sains, teknologi, seni berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial.

Riset unggulan itu adalah kopi, tebu, singkong, kedelai, budaya Osing, mobil listrik, eksplorasi, dan konservasi tiga taman nasional di ujung timur Pulau Jawa.

Menurut Ketua Penelitian Universitas Jember Prof Subagio, meski tujuh unggulan yang disebut itu menjadi perhatian lembaga, bukan berarti bidang lain tidak penting.

Kopi memiliki prospek sangat baik untuk medorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat secara nasional. Universitas Jember berada di wilayah potensial perkebunan kopi, dan memiliki track record atau rekam jejak yang baik dalam pengajaran bidang perkebunan.

“Untuk itu, jika bicara soal kopi, maka yang ada dibenak adalah Jember,” kata Subagio.

Lembaga Penelitian Universitas Jember telah menyusun road map riset kopi, sehingga tahun ini dimulai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis kopi. Setahun kemudian, penelitian penting mengenai kopi sudah muncul, sambil melengkapi fasilitas penelitian dan pengabdian bidang kopi. kps

author