banner 468x60

Universitas Negeri Malang Berlakukan UKT. Ini Perkiraan Besarannya

462 views
iklan

univ negeri malang1Penakita | MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) tetap memberlakukan uang kuliah tunggal (UKT) bagi calon mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri. Namun, besaran UKT tersebut tidak seperti pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang bisa sampai Rp 0 alias gratis.

“Untuk dapat kategori 1 di jalur mandiri, tentu sangat berat,” demikian ujar Drs Amin Sidiq, Kepala Biro Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Sistem Informasi, UM.

Meski begitu, lanjut Amin, sivitas akademika UM tetap berkomitmen memberikan akses mudah melanjutkan masuk PTN dengan memberlakukan UKT bagi calon mahasiswa dari jalur manapun. Mengenai besaran UKT bagi calon mahasiswa di jalur mandiri ini, diakui Amin, masih dibahas di tingkat rektorat.

“Kami masih belum bisa putuskan besarannya berapa. Namun, ada kemungkinan batas UKT jalur mandiri mulai dari kategori 3 sampai kategori 5,” ucap Amin sambil menambahkan, pengumuman resmi UKT jalur mandiri ini akan dirilis pada saat pengumuman jalur mandiri.

Sebagai gambaran, UKT kategori 3 untuk Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, Teknik Mesin, dan Pendidikan Teknik Mesin misalnya, berlaku sama, yaitu Rp 3.500.000. Sedang kategori 4 untuk Prodi Bahasa dan Sastra Inggris serta Teknik Mesin Rp 4.500.000. Untuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Teknik Mesin pada kategori yang sama besaran UKTnya adalah Rp 4.250.000.

Sementara UKT kategori 5 untuk Prodi Bahasa dan Sastra Inggris serta Teknik Mesin yaitu Rp 5.500.000. Pada kategori yang sama, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Teknik Mesin besaran UKT-nya adalah Rp 5.000.000. sum

author