banner 468x60

Universitas Negeri Malang Coret 91 Calon Penerima Bidik Misi

384 views
iklan

univ negeri malang1Penakita | MALANG – Proses verifikasi atas 903 siswa calon penerima bidik misi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Negeri Malang (UM) telah berakhir. Hasilnya, tim menemukan 91 nama yang dicurigai memberi data tidak sesuai fakta.

Dari hasil kunjungan tim verifikasi ke lapangan, diketahui 91 siswa itu berasal dari keluarga mampu kuliah tanpa beasiswa. Dengan demikian mereka dicoret dari daftar calon penerima bidik misi.

Menurut Prof Dr Hendyat Sutopo, Rektor 1 UM, dari 91 siswa itu 63 orang diantaranya akhirnya bersedia membayar kuliah sesuai kategori uang kuliah tunggal (UKT) yang ditetapkan UM. Rinciannya, 51 siswa masuk kategori 3 dan 12 orang masuk kategori 4.

“Sisanya mengundurkan diri dengan berbagai alasan,” ungkap Hendyat Sutopo sambil menambahkan, total penerima bidik misi jalur mandiri SNMPTN maupun SBMPTN kini totalnya adalah 812 mahasiswa.

Lebih lanjut, Hendyat Sutopo menyatakan, sisa kuota bidik misi yang masih kosong akan disalurkan ke penerima UKT kategori 1 UM yang memberlakukan bea kuliah sebesar Rp 0, dan memang diberikan bagi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. “Ada sekitar 265 mahasiswa UKT kategori 1 akan kami seleksi untuk mendapatkan jatah sisa kuota bidik misi tadi. Mereka berhak mendapatkan bantuan pendidikan Rp 600.000 perbulan,” ujarnya. sum

author