banner 468x60

University of Nottingham Minat Buka Perguruan Tinggi di Indonesia

92 views
iklan

Nottingham UniversityPenakita | JAKARTA – University of Nottingham, Inggris berminat membuka perguruan tinggi serupa di Indonesia. Namun, sebelum hal tersebut dilakukan pihak University of Nottingham terlebih dulu menjajaki kesepahaman visi dan misinya, terutama dengan pemerintah Indonesia.

Selain itu, menurut Prof Christine Ennew, CEO Malaysian Campus-University of Nottingham, kemungkinan University of Nottingham membuka perguruan tinggi di Indonesia juga tergantung pada kebijakan pemerintah Indonesia. “Dengan Malaysia contohnya, kami sudah 10 tahun berdiri dan itu membutuhkan waktu lama untuk penjajakannya,” ujar Ennew.

Ditambahkan Ennew, kerjasama yang sudah dilakukan dengan Indonesia dalam bentuk riset maupun pertukaran program. Dengan Universitas Bina Nusantara (Binus University) misalnya, perguruan tinggi yang memiliki rangking 10 di Inggris itu, sejak 2011 menjalin kerjasama dual degree sebagai tindak lanjut pertemuan Rektor Binus ke University of Nottingham pada 2010 lalu.

Hal yang sama dilakukan pula dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta. “Dua tahun kuliah di sini (Indonesia), dua tahun di Nottingham,” paparnya.

Untuk memulai kerjasama tersebut, lanjut Ennew, memang perlu diawali dengan membangun hubungan secara konsisten. Apalagi, potensi kerjasama, baik dalam bentuk program maupun kolaborasi riset, sangat tinggi mengingat Indonesia saat ini memiliki 3000 perguruan tinggi swasta.

“Intinya, harus dibangun dulu hubungan yang baik dan kesepahaman antara kedua pihak,” ujarnya.

Binus University menjadi tuan rumah penyelenggaraan Nottingham Global Network di kampus Binus, Jakarta, pekan lalu. Ini adalah pertemuan kedua yang dilaksanakan setelah di Kuala Lumpur, Malaysia, tahun lalu untuk menjajaki berbagai kerjasama pendidikan tinggi di Indonesia.

Sebanyak 15 delegasi perguruan tinggi yang berkolaborasi dengan University of Nottingham, Inggris, Nottingham Global Network dilaksanakan untuk berbagi informasi dan membuka kerjasama pendidikan tinggi di Indonesia. Selain di Inggris, University of Nottingham, yang telah membuka perguruan tingginya di Malaysia dan China, berkolaborasi di bidang riset dan pengajaran dengan 69 institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia. dde/kps

author