banner 468x60

Vitamin C Ternyata Juga Bisa Perangi TBC

76 views
iklan

summer-fruits1Penakita | NEW YORK – Ini kabar baik dari dunia medis, khususnya dalam metode penyembuhan TBC. Sebuah penelitian menemukan manfaat lain vitamin C yang ternyata tak cuma bermanfaat sebagai penghasil zat antibiotik, yang membuat badan tak mudah sakit. Vitamin C ternyata juga dapat melawan kuman tuberculosis (TBC).

Seperti dikutip dari BBC, temuan ini sebelumnya telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Albert Einstein College, New York. Uniknya, temuan berharga ini didapat dalam sebuah riset yang awalnya tidak disengaja saat melakukan proses uji coba.

Dalam risetnya, penelitian ini menyebut vitamin C secara aktif dapat ‘mematikan’ penyakit itu. Sehingga hal ini dapat berdampak pada metode kekebalan seseorang terhadap TBC. Temuan ini tentu berita baik bagi sekitar 650.000 penderita TBC yang sedang mencari obat ampuh untuk mengatasi permasalahan kesehatan mereka.

Dalam risetnya, vitamin C dalam fungsinya sebagai penangkal TBC berfungsi sebagai ‘reducing agent’ (agen pengurang) bahan yang memicu produksi free radicals (radikal bebas). Free radicals ini mematikan TBC bahkan yang kebal obat dan belum disembuhkan melalui antibiotik termasuk isoniazid.

“Penelitian ini merupakan studi besar untuk dipertimbangkan karena ada jenis tuberculosis yang belum ada obatnya. Dan di laboratorium, jenis (TBC) ini dapat dimatikan oleh vitamin C. Vitamin C itu tidak mahal dan banyak tersedia. Jadi paling tidak, penelitian in menunjukkan ada mekanisme baru yang dapat digunakan untuk menangani TBC,” kata Jacobs, salah seorang peneliti. adi

author