banner 468x60

Vitamin E Bukan Cuma Kacang-Kacangan

371 views
iklan

SURABAYA – Khasiat vitamin E dalam dunia wanita memang sudah tidak asing lagi. Lihat saja, kosmetik di pasaran yang kerap menggunakannya sebagai bahan campuran. Mulai dari krim pelembab, antipenuaan, hingga menghilangkan vlek hitam, nama vitamin E tidak pernah absen.

Selain untuk kulit, kandungan alfa tokoferol di dalamnya, diyakini dapat menjadi senjata ampuh dalam memerangi kolestrol dan serangan stroke. Sama dengan vitamin lainnya, vitamin E juga menjadi nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh, akan tetapi sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi sendiri.

Oleh karena itu, dibutuhkan asupan vitamin E yang pas untuk dikonsumsi. Selama ini, banyak orang hanya mengenal kacang-kacangan sebagai sumber vitamin E. MelansirBoldsky, sayuran hijau dan cabai juga dapat dijadikan alternatif sebagai sumber vitamin E.

1. Bayam
Banyak orang mengkonsumsi bayam karena kandungan zat besi yang tinggi. Di balik warnanya yang hijau, bayam juga menjadi sumber vitamin E dan antioksidan yang baik. Jadi, jangan ibu hamil saja yang patut memakan bayam, tapi Anda juga.

2. Kacang tanah
Kacang tanah merupakan sumber pangan yang kaya tokoferol, antioksidan vitamin E yang kuat dan mudah larut. Artinya, kacang juga dapat dijadikan pilihan untuk memerangi radikal bebas penyebab kanker.

3. Kacang Almond
Pilihan sumber vitamin E selanjutnya adalah kacang almond. Di antara jenis kacang, almond merupakan sumber kandungan vitamin E tertinggi. Sebuah penelitian menyebutkan, mengkonsumsi satu genggam almond sama dengan melindungi kesehatan jantung.

4. Sawi
Selama ini sawi hanya dijadikan sebagai pelengkap sajian mi. Sayuran hijau berdaun lebar ini juga memiliki kandungan vitamin E yang dibutuhkan tubuh. Baik mentah atau dimasak, sawi tetap memiliki nutrisi baik untuk tubuh.

5. Brokoli
Satu lagi sayuran hijau kaya vitamin E. Brokoli tak hanya baik untuk mencegah kanker, kandungan vitamin A, C, D, dan K membuat sayuran ini menjadi superfood di dunia medis.

6. Paprika merah
Memiliki aroma pedas seperti cabai, tak berati paprika memiliki sedikit khasiat. Selain vitamin C, paprika juga memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang kuat.

7. Bubuk cabai
Tak hanya sekadar penambah rasa. Bubuk cabai merah juga dapat dijadikan solusi untuk asupan vitamin E. Mungkin ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang cinta rasa pedas.

author