banner 468x60

Warga Baru Surabaya Bisa Daftar di SD Negeri

412 views
iklan

PPDB Surabaya - SDPenakita | SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya mengeluarkan kebijakan baru menyusul adanya kekosongan 8.205 bangku sekolah dasar (SD) di tahun ajaran 2013-2014. Bagi warga Surabaya yang baru memiliki kartu keluarga (KK) kini bisa mendaftarkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)M SD.

Padahal sebelumnya, ketentuan yang berlaku adalah warga Surabaya harus mampu membuktikan diri memiliki KK yang diterbitkan maksimal Januari 2012. Namun, kebijakan tersebut hanya berlaku bagi mereka yang anaknya hendak masuk SD. Sedang bagi pendaftar jenjang SMPN dan SMAN, aturan yang berlaku masih sama, yaitu wajib punya KK maksimal Januari 2012.

”Pasalnya kalau SD kan pasti pindahnya bersama orangtua. Tidak mungkin dititipkan karena masih kecil,” kilah Eko Prasetyaningsih, Humas PPDB Surabaya.

Ditambahkan Eko, KK yang bisa dipakai mendaftar ini tidak terbatas waktunya. Bahkan sehari setelah KK diterbitkan sudah bisa dipakai mendaftar. ”Yang penting dia nyata-nyata mencabut bendel KK asalnya. Itu menandakan kalau dia memang berniat pindah dan menjadi warga Surabaya,” ucapnya.

Sementara bagi warga luar Surabaya, menurut Eko, tetap harus mengikuti kuota satu persen untuk bisa masuk SD negeri. Pihaknya tidak akan mengubah ketentuan itu karena kebijakan ini berimplikasi terhadap masalah lain, diantaranya urbanisasi.

Kabid Pendidikan Dasar Dindik Surabaya ini juga khawatir jika kuota satu persen bagi siswa SD dihapus, akan banyak serbuan warga luar kota ke sekolah-sekolah Surabaya terutama di daerah-daerah perbatasan seperti Kecamatan Rungkut yang berbatasan dengan Sidoarjo, serta Kecamatan Lakarsantri berbatasan dengan Kabupaten Gresik. Bahkan bisa saja warga Kabupaten/Kota lain berbondong-bondong ke Surabaya, meski tdak memiliki tempat tinggal dan pekerjaan.

”Hal itu malah menimbulkan masalah lebih parah. Karena itu kami tetap memberlakukan kuota satu persen untuk warga luar Surabaya,” ucapnya.

author