banner 468x60

“Yang Penting Sebelum 15 Juli Semua Sudah Siap”

360 views
iklan

mendikbudPenakita | SURABAYA – Meski hingga kini buku panduan kurikulum belum diterima sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ngotot untuk menerapkan Kurikulum 2013 mulai tahun ajaran 2013-2014. Kendala lain yang sebetulnya cukup mengganjal adalah keberadaan instruktur nasional yang menjadi pelopor penerapan kurikulum hingga saat terakhir juga belum dibekali.

“Yang penting sebelum tanggal 15 Juli (tahun ajaran baru 2013-2014) semua sudah siap,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh usai peresmian gedung program pendidikan profesi guru (PPPG) di kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Lidah Wetan, Surabaya, Sabtu (22/6/2013).

Mendikbud meminta semua pihak tidak khawatir karena proses persiapan pemberlakuan kurikulum 2013 hampir rampung. “Rabu depan (26/6/2013) akan digelar pelatihan instruktur nasional di Jakarta,” paparnya.

Ditambahkan mantan Rektor ITS ini, instruktur nasional tersebut selanjutnya akan melatih guru inti. Dari guru inti akan melatih guru sasaran yakni guru-guru yang mengajar di sekolah.

“Proses ini dijadwalkan sebelum tanggal 15 Juli 2013. Paling tanggal 13 Juli sudah rampung,” ujarnya tenang.

Sementara untuk buku-buku pegangan guru dan murid, diakui, saat ini masih dalam proses tender. Meski demikian Mendikbud tetap optimis sebelum tahun ajaran baru sudah dibagikan ke sekolah-sekolah. ari

author