banner 468x60

Yoga Diusulkan Masuk Kurikulum TK

514 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | DENPASAR – Aktivitas yoga diyakini bisa membuat seseorang mengontrol dengan baik pikiran dan emosinya. Bertolak dari manfaat itulah, tokoh spiritual, Dr Somvir mengusulkan yoga masuk kurikulum pendidikan di sekolah.

“Yoga sudah saatnya masuk dalam kurikulum pendidikan mulai taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi karena dengan berlatih yoga maka akan tercapai kesehatan, relaksasi dan kedamaian,” begitu ungkap Somvir yang ditemui di acara International Bali-India Yoga Festival 2013 di Denpasar, Minggu (3/3/2013).

Pria kelahiran India ini menambahkan, setiap individu bisa berlatih yoga agar mencapai tujuan tersebut dengan syarat mengikuti latihan secara berkelanjutan dan gerakan sesuai petunjuk instruktur tersebut. “Saya harapkan untuk mencapai tujuan itu harus latihannya secara teratur dan berkesinambungan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Nyoman Sirka dari Universitas Udayana mengatakan, sebagian orang sudah berlatih yoga di rumah. Tetapi sebaiknya untuk berlatih yoga didampingi instruktur atau guru.

“Saat berlatih yoga seharusnya ada pendampingan dari seorang guru agar diperoleh ketepatan gerakan sehingga olah nafas dan gerakan bisa berimbang,” tutur Sirka.

Menurut dia, berlatih yoga sangat penting karena tubuh menjadi sehat dan diajarkan gerakan serta relaksasi untuk mencapai kebahagiaan. “Yoga juga mengajarkan kesiapan mental dan spiritual yang kuat agar seseorang bisa menghadapi setiap persoalan dengan tenang dan relaks, sehingga hasilnya pun tercapai dengan damai,” tutur pria yang telah menekuni yoga puluhan tahun itu. kps

author