banner 468x60

Aceh dan Papua Kini Punya Kopertis

452 views
iklan

mendikbudPenakita | JAKARTA – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik, khususnya di dunia pendidikan, pemerintah menganggap perlu dikembangkannya struktur organisasi kependidikan. Sebagai wujud aplikasinya, antara lain dibentuknya dua lembaga Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) baru.

Yang pertama adalah Kopertis Wilayah XIII, dan lainnya adalah Kopertis Wilayah XIV. Terkait dua lembaga baru tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh melantik pejabat koordinatornya, yaitu  Prof Dr Jamaluddin MEd sebagai Koordinator Kopertis Wilayah XIII, Nangroe Aceh Darussalam, dan Drs Festus Simbiak MPd sebagai Koordinator Kopertis Wilayah XIV, Papua.

Keduanya menjabat Koordinator Kopertis di wilayah masing-masing untuk periode yang sama Tahun 2013-2017. Selain itu, dilantik pula Dra Metha Gomies MSi, sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah XIV periode Tahun 2013-2017.

Dalam kesempatan yang sama, Mendikbud melantik pula Drs Bachtiar Akob MPd sebagai Rektor Universitas Samudra, Nangroe Aceh Darussalam yang status universitasnya baru saja dinegerikan pada 4 Juli lalu. “Tugas mendesak yang harus segera dilakukan pejabat yang baru dilantik adalah meningkatkan kualitas layanan publik. Karena, tuntutan masyarakat terhadap dunia pendidikan dan kebudayaan semakin tinggi,” begitu pesan M Nuh.

Ditambahkan, hal itu wajar karena tingginya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan yang baik. Selain itu, lanjut Mendikbud, pengembangan potensi harus terus dilakukan untuk menjamin terpenuhinya keinginan dan harapan masyarakat terhadap dunia pendidikan.

Mantan Rektor ITS ini juga menekankan pentingnya keramahan dalam memberi pelayanan. “Kita tidak ingin LPMP dan P4TK tidak ramah, setelah diberi peringatan baru ramah. Kita harus proaktif,” cetusnya.

Mendikbud mengatakan, komitmen dan integritas pribadi perlu ditanamkan pada masing-masing orang. Prinsip akuntabilitas, dan transparansi harus ditegakkan. “Kita tidak ingin dalam melaksanakan fungsi Dikbud ada malmanage. Kita bertekad menegakkan integritas di dunia pendidikan kita,” ucapnya. dde

author