banner 468x60

Ada 100 Ijazah Belum Diserahkan ke Siswa

428 views
iklan

Pungli gresik1Penakita | GRESIK – Aliansi Peduli Pendidikan Anak (APPA) menuding kasus penahanan ijazah oleh lembaga pendidikan di Kabupaten Gresik sudah berlangsung sejak setahun belakangan. Kasus tersebut, diakui terjadi di lembaga pendidikan swasta maupun negeri.

Ironisnya, pihak sekolah tetap menahan ijazah siswa meski yang bersangkutan berasal dari keluarga tidak mampu. “Rata-rata kasusnya adalah tunggakan dana SPP,” papar Rina Damayanti, anggota APPA, Minggu (23/6/2013).

APPA mencatat sedikitnya ada 100 ijazah tersebar di lembaga pendidikan negeri dan swasta belum diberikan ke siswa. “Anak-anak yang kurang mampu ini harus dibantu pemerintah karena mereka itu kan juga warga Gresik,” cetusnya.

Ditambahkan pula,”Kasus penahanan ijazah di sekolah swasta dari tahun kemarin belum dituntaskan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik.”

Menurut Rina, memang pernah dilakukan mediasi antara Wakil Bupati Gresik Mohamad Qosim dan Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Nadlif. “Tapi, sampai sekarang tidak ada penyelesaiannya. Akhirnya ya tetap terjadi lagi seperti itu,” tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, masalah klasik menjelang pembagian ijazah di Kabupaten Gresik kembali menyeruak. Setiap siswa yang hendak mengambil ijazah diwajibkan memberi ‘sumbangan sukarela’ dengan dalih untuk kegiatan sosial seperti membangun masjid dan beragam alasan lainnya. Anehnya, meski menyatakan sebagai ‘sumbangan sukarela’ pihak sekolah tak akan menyerahkan ijazah siswa bila belum menyerahkan dana bantuan sosial tersebut. adi

author