banner 468x60

Aksi Terbongkar Karena Joki Tak Bisa Menjawab Pertanyaan Ini

461 views
iklan

jokiPenakita | MALANG – Bagaimana aksi perjokian saat tes masuk Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini bisa terbongkar? Tertangkapnya 31 pelaku tindak kecurangan tersebut berkat kecerdikan panitia penerimaan mahasiwa baru UMM.

Sebelum mengerjakan soal, panitia terlebih dulu meminta peserta tes menuliskan nama orangtua dan kepala sekolah masing-masing. Perintah tambahan ini tak ayal membuat para joki kebingungan.

“Joki yang ikut tes tapi dia menggantikan peserta yang asli, tentu tidak tahu nama orangtua atau kepala sekolah peserta asli,” tegas Fauzan, Pembantu Rektor II UMM, Senin (13/5/2013).

Setelah 20 menit pertama tes berjalan, panitia pun melakukan razia. Dan peserta tes masuk yang memberikan data salah dengan mudah diidentifikasi panitia sebagai joki.

Para joki yang sudah terdeteksi diamankan. Panitia juga menggeledah seluruh peserta ujian dan menemukan alat komunikasi yang digunakan jaringan joki lainnya.

Dari 31 joki yang tertangkap, 22 orang diantaranya adalah perempuan. Panitia juga menangkap dua joki penghubung yang mengaku berasal dari ITS Surabaya. sum

author